2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

VIVA Tekno – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (Bappebti Kemendag) melaporkan jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Hingga Januari 2024, jumlah investor kripto di Tanah Air mencapai 18,83 juta. meningkat menjadi 19 juta orang

Penguatan industri kripto Indonesia tidak lepas dari peran pemerintah sebagai regulator. melalui upaya mendukung, mengatur, mengembangkan, dan mengawasi perdagangan aset kripto.

Di tengah tingginya antusiasme investor kripto di Tanah Air, penting bagi pelaku usaha untuk mengedukasi masyarakat mengenai peraturan yang berlaku.

Olvi Andrianita, Sekretaris Jenderal Bappebti Kementerian Perdagangan mengungkapkan kapan industri kripto masuk ke Indonesia. Masih belum ada peraturan yang jelas. Ketika pasokan dan respons aset kripto terus meningkat,

Menurut dia, pemerintahan dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. melakukan koordinasi Salah satu hasilnya adalah keputusan perdagangan aset kripto diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan dan diklasifikasikan sebagai komoditas. Dimana masa depan diperdagangkan di bursa.

Oleh karena itu, Undang-Undang Payung (UU) adalah Undang-Undang Nomor 1 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Ketentuan mengenai aset kripto diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 10 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Aset Kripto.

Ada juga kontrol yang lebih teknis melalui peraturan Bappebti, termasuk ketentuan perdagangan. Syarat untuk menjadi seorang pedagang Cakupan produk dan luasnya ekosistem yang terdiri dari pertukaran aset kripto, clearinghouse. dan pusat penyimpanan

“Semua regulasi ini dibuat untuk lebih mengatur pengelolaan perdagangan aset kripto. Tahun ini penting bagi industri kripto karena pada tahun 2025 akan ada transfer dana dari Bapebti ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata Olvi media maya Rapat pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2024

Oleh karena itu, ia meminta ekosistem yang ada di industri untuk saling bekerja sama dan berintegrasi. Kami berharap transisi ke OJK dapat berjalan lancar. dan mempromosikan perlindungan komprehensif terhadap investor kripto. dan lingkungan investasi akan membaik

Dalam kesempatan yang sama, startup Aset Kripto Pintu memuji peran Bappebti dalam mengatur perkembangan industri kripto.

Karena banyak negara yang belum memutuskan arah regulasi kripto, Bapebti hadir untuk merancang berbagai regulasi. Mulai dari perdagangan dan operasional hingga peraturan perlindungan konsumen dan anti pencucian uang (AML).

“Terbukti investasi kripto di Tanah Air meningkat pesat. Dan masih ada ruang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Dimas Utomo, Penasihat Umum Pintu.

Inovasi di industri kripto mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga Pintu siap menjadi mitra strategis pemerintah untuk memberikan informasi mengenai kemajuan industri tersebut. Agar daya tarik kripto tidak menjadi bubble.

“Kami berharap para pedagang kripto dapat bekerja sama dengan Bappebti agar investor saat ini tidak hanya menggunakan produk perdagangan spot tetapi juga tapi juga produk turunannya ada di Indonesia,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *