Cek Fakta: Foto ‘Karya Fenomenal Ahok Beli Beli Bus Rongsokan’

VIVA – Akun Twitter dengan nama pengguna “ekowboy2” mengunggah beberapa foto bus Transjakarta, foto tersebut merupakan foto kecelakaan bus Transjakarta pada masa pemerintahan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Cerita:

“Kerja Ahok luar biasa, beli tanah sendiri, beli bus sampah

Anda benar Ahok, anak Tuhan tidak bisa berbuat salah… Bapak Politik Identitas!! “

Periksa hasilnya

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukanlah foto kecelakaan bus TransJakarta pada masa pemerintahan Ahok. Foto pertama merupakan foto kecelakaan bus TransJakarta yang beroperasi di Stasiun Pulogadung sejak tahun 2004. Gambar serupa terlihat pada artikel Liputan6, “FOTO: ‘Kuburan’ Bus Transjakarta Generasi Pertama” yang diunggah pada 8 Juli 2021.

Sedangkan tiga foto berikutnya merupakan foto kecelakaan bus TransJakarta di Dramaga, Bogor pada tahun 2013. Gambar kedua terdapat pada artikel Republik berjudul “Makam Transjakarta” yang diunggah pada 3 November 2020. Gambar ketiga terdapat pada artikel Republik “Hasil Ratusan Kuburan Bus Transjakarta” yang merupakan rincian tender tahun 2013. . Diunggah pada 2 November 2020. Sedangkan foto keempat dapat dilihat pada artikel TribunNews Bogor berjudul “Drama Depo Bus Transcart di Bogor Terbakar, 37 Bus Terbakar” yang diunggah pada 13 November 2020.

Ahok diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 19 November 2014, setelah menjabat sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta pada 1 Juni 2014, menyusul pencalonan Jokowi pada Pilpres 2014.

Oleh karena itu, cerita yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “ekowboy2” dapat digolongkan sebagai konten menyesatkan.

Kesimpulan

Ini bukan foto kecelakaan bus TransJakarta pada masa pemerintahan Ahok. Foto pertama adalah bus TransJakarta yang beroperasi di Stasiun Pulogadung sejak tahun 2004. Sedangkan tiga foto berikutnya merupakan foto kecelakaan bus TransJakarta di Dramaga, Bogor pada tahun 2013.

Kembali

Https://cekfakt.com/focus/10061

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *