Geger Kekaisaran Romawi Tumbang Bukan akibat Perang tapi Hoax

VIVA Tekno – Pada bulan September 476 M, pemimpin barbar Odoacer memaksa remaja kaisar Roma Barat, Romulus Augustus, untuk melepaskan jabatannya sebagai raja.

Mengutip dari Time, Rabu 20 Desember 2023, penulis sejarah Konstantinopolitan Marcellinus Emis menulis pada tahun 510 bahwa ketika “Odoakros, raja Goth, menguasai Roma,” “kekaisaran barat rakyat Romawi… binasa.”

Namun, tidak ada yang mempercayainya saat itu. Jatuhnya Roma pada tahun 476 merupakan titik balik yang ditemukan hampir 50 tahun kemudian sebagai dalih untuk distorsi sejarah yang membawa bencana.

Bahwa peristiwa-peristiwa ini diakui sebagai akhir suatu era menunjukkan bagaimana sejarah dapat disalahgunakan untuk membenarkan tindakan-tindakan yang tidak dapat diterima di masa kini – dan bagaimana penyalahgunaan tersebut juga dapat memutarbalikkan pembelajaran yang dapat diambil oleh generasi mendatang dari masa lalu.

Odoacer mempertahankan sebagian besar struktur pemerintahan Romawi selama hampir 17 tahun ia menguasai negara tersebut. Senat terus mengadakan pertemuan di Roma seperti yang telah dilakukan selama hampir satu milenium. Bahasa Latin tetap menjadi bahasa administrasi.

Hukum Romawi mengatur negara itu. Tentara Romawi terus berjuang dan menang di perbatasan. Dan kaisar Romawi muncul di koin Odoacer yang dicetak.

Koin-koin ini awalnya bergambar Julius Nepos dan kemudian, setelah kematian Nepos pada tahun 480, terdapat patung kaisar Bizantium yang memerintah di Konstantinopel.

Aspek kehidupan Romawi ini berlanjut setelah penguasa Gotik Theoderic menggulingkan Odoacer pada tahun 493.

Theoderic terbukti lebih berhasil dibandingkan Odoacer dalam menghidupkan kembali kejayaan Italia pasca gejolak politik pada pertengahan abad ke-6. Pasukannya berhasil berkampanye di Kroasia, Serbia, dan Prancis saat ini.

Dia menjadikan sebagian besar Spanyol sebagai protektorat untuk sementara waktu. Perbaikan besar-besaran dilakukan pada gereja dan bangunan umum di seluruh Italia.

Baik Theoderic maupun Odoacer melakukan renovasi pada Colosseum, dan para senator dengan bangga menuliskan nama dan gelar mereka di kursi mereka.

Alih-alih membayangkan bahwa pemerintahan Romawi telah berakhir pada tahun 476, orang Italia pada akhir abad ke-5 dan awal abad ke-6 berbicara tentang Restorasi.

Uskup Ennodius dari Pavia berbicara tentang “kekotoran” yang diseret Theoderic dari sebagian besar Italia, sehingga Roma, yang baru saja bangkit dari “abu”, “hidup kembali”.

Kemenangan militer Theoderic berarti bahwa “Kekaisaran Romawi telah kembali ke perbatasannya semula” dan mengembalikan “peradaban nenek moyang kita” kepada masyarakat Romawi yang pernah tinggal di tanah yang telah ia taklukkan.

Ennodius bahkan mengklaim bahwa “kebangkitan kembali kejayaan Romawi menyebabkan Theoderic menjadi saingan Alexander Agung karena ia telah mengantarkan ‘Zaman Keemasan’ Romawi.”

Bagaimana kudeta Odoacer yang menjadi awal kebangkitan Roma bisa dianggap sebagai kejatuhan Roma?

Jawabannya bukan terletak di Italia, tapi di Istanbul. Ketika kekuasaan Italia kembali di bawah Odoacer dan Theoderic, hubungan dengan Kekaisaran Romawi Timur di Konstantinopel memburuk.

Pada saat kematian Theoderic pada tahun 526, Romawi di Konstantinopel mulai mempertimbangkan untuk menyerang Italia.

Pada saat ketegangan Timur-Barat ini kita dapat kembali ke Marcellinus Comes. Kronik Marcellinus muncul pada akhir tahun 510-an dan merupakan karya sejarah pertama yang mengklaim bahwa Roma jatuh pada tahun 476.

Teks Marcellinus juga menjelaskan mengapa dia mengatakan demikian. Marcellinus menggambarkan Odoacer sebagai “raja Goth” ketika ia menyebabkan Kekaisaran Romawi “menghilang”.

Ini adalah sebuah konstruksi. Odoacer bukanlah seorang Gotik. Namun, Theoderic adalah raja Goth dan mengambil alih kekuasaan dari Odoacer.

Ketika negara Romawi Barat yang dipimpin Gotik semakin meningkatkan ketegangan dengan Konstantinopel, jatuhnya Roma muncul sebagai cara untuk membenarkan invasi Bizantium yang akan mengembalikan Italia ke kendali Bizantium.

Marcellinus tidak mempunyai gagasan ini dalam ruang hampa. Ia bertugas di Konstantinopel sebagai ajudan calon kaisar Bizantium Justinianus, yang saat itu menjadi putra mahkota kekaisaran.

Marcellinus kemudian menerima beberapa gelar kehormatan dari Justinianus setelah penerbitan Chronicles-nya, sebuah karya yang dengan jelas menyampaikan tema sentral bahwa Kekaisaran Barat telah jatuh dan Kekaisaran Romawi Timur pimpinan Justinianus harus memulihkannya.

Propaganda ini berhasil dengan baik. Pada tahun 535 tentara Bizantium menyerbu Italia. Justinianus menjelaskan agresi ini dengan mengatakan bahwa “Goth telah menggunakan kekerasan untuk merebut Italia, yang merupakan milik kita, dan menolak mengembalikannya.”

Pasukannya memasuki kota Roma pada bulan Desember 536. Pada hari itu, sejarawan resmi Yustinianus, Procopius, menulis, “Roma kembali ditaklukkan Romawi setelah 60 tahun.” Angka 60 tidak dipilih secara sembarangan. Penaklukan Timur atas Roma terjadi 60 tahun tiga bulan setelah kudeta Odoacer pada tahun 476.

Terlepas dari keberhasilan awal ini, pasukan Justinianus berjuang untuk mengkonsolidasikan kendali atas semenanjung tersebut. Perang Italia baru berakhir pada tahun 562 dan pertempuran tersebut menghancurkan kota Roma dan sebagian besar Italia.

Bangsa Goth merebut kembali Roma pada tahun 546, kehilangan kota tersebut pada tahun 547, merebutnya kembali pada tahun 549, dan kemudian kehilangan kota tersebut selamanya pada tahun 552.

Penduduk Romawi bertahan hidup dengan memakan rumput liar, tikus, dan kotoran selama pengepungan panjang Gotik pada tahun 546.

Diperkirakan populasi Roma turun dari sekitar 500.000 pada pertengahan abad ke-5 menjadi 25.000 pada tahun 560. Kota-kota lain di Italia bernasib lebih buruk.

Milan, yang pernah menjadi kota terbesar kedua di Italia, diratakan pada tahun 539 dan seluruh penduduknya dibunuh atau diperbudak. Kekaisaran Romawi Timur telah merebut kembali Italia dan menghancurkan sebagian besar wilayahnya dalam prosesnya. Alasan Kejatuhan Kekaisaran Romawi

Kekaisaran Romawi Barat jelas telah runtuh pada tahun 560. Italia ditaklukkan oleh Justinianus, banyak kota hancur dan banyak infrastruktur rusak parah.

Ketika para sejarawan kemudian mencoba menentukan kapan Kekaisaran Romawi Barat jatuh, mereka menemukan Marcellinus dan klaimnya bahwa Roma berada di bawah kekuasaan Odoacer.

Menurut rumusan yang mencolok dari sejarawan Brian Croke, jatuhnya Roma pada tahun 476 merupakan titik balik sejarah yang dibuat-buat dan telah menjadi fakta sejarah yang diterima.

Namun, invasi Justinianus, bukan kudeta Odoacer, yang menghancurkan Italia dan mengakhiri negara Romawi Barat. Selama 1500 tahun kita memilih waktu yang salah dan menyalahkan orang yang salah atas jatuhnya Roma.

Kesalahan ini penting karena dua alasan. Pertama, jatuhnya Roma yang direkayasa oleh Marcellinus membantu menciptakan kondisi yang memungkinkan Yustinianus mengobarkan perang yang menewaskan ratusan ribu orang dan menghancurkan kemakmuran yang pernah diciptakan oleh pemerintahan Romawi di Barat.

Kata-katanya mempunyai akibat yang nyata, mematikan dan bertahan lama. Kedua, kejatuhan Roma yang dibuat-buat menunjukkan batas-batas yang tidak stabil antara era-era sejarah.

Selama 1.500 tahun, kudeta Odoacer mengakhiri kisah peringatan tentang bagaimana komandan militer Romawi yang barbar menjatuhkan Kekaisaran Romawi.

Orang-orang di seluruh dunia telah mempelajari kisah ini agar masyarakat mereka tidak mengalami nasib seperti yang menimpa Roma.

Namun jika kita menyadari bahwa Roma tidak jatuh pada tahun 476, pelajaran yang dapat kita ambil dari sejarah Romawi sangatlah berbeda. Sejarah Roma tidak memperingatkan kita akan bahaya orang-orang asing yang biadab yang akan menggulingkan suatu masyarakat dari dalam.

Sebaliknya, cerita ini menunjukkan bagaimana klaim palsu bahwa suatu bangsa telah hilang dapat menyebabkan masalah yang diciptakan oleh penulisnya. Jika kita mengabaikan bahaya ini, kita akan menempatkan diri kita dalam risiko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *