Ular Terbesar di Dunia Ditemukan, Bikin Kepo Orang-orang

Brazil – Para ilmuwan telah menemukan spesies ular anaconda raksasa terbesar di Bumi di hutan hujan Amazon.

Ular ini tumbuh hingga panjang 7,5 meter dan berat hingga 500 kg. Para ilmuwan sedang bersama kru film ketika mereka menemukan spesies baru tersebut.

Anaconda adalah ular yang sangat besar dan tidak menimbulkan rasa sakit. Mereka tinggal di dekat atau di dalam air. Sebelumnya kita mengetahui tentang empat spesies ular piton. Yang terbesar adalah anaconda hijau.

Laporan dari Explorerweb, Senin 26 Februari 2024, penelitian terbaru menunjukkan anaconda hijau memiliki dua spesies berbeda.

Mereka terlihat sangat mirip sehingga para ahli tidak dapat membedakannya, namun secara genetik mereka sangat berbeda – tepatnya lima setengah persen.

“Untuk menempatkan ini dalam konteksnya, kita berbeda sekitar dua persen dari simpanse,” kata Brian Fry, salah satu penulis penelitian tersebut, kepada National Geographic. Para peneliti pergi ke Amazon untuk mempelajari makhluk Suci

“Tim kami menerima undangan langka dari masyarakat Waorani untuk menjelajahi kawasan tersebut dan mengumpulkan sampel dari populasi anaconda, yang dikatakan sebagai populasi terbesar,” jelas Fry dalam pernyataannya.

“Pemburu asli membawa mereka ke hutan dalam perjalanan sepuluh hari untuk mencari ular-ular ini, yang mereka anggap suci. Dia melanjutkan.

Bekerja sama dengan suku Waorani, mereka berhasil menangkap sejumlah ular raksasa di Amazon Ekuador.

“Ukuran makhluk aneh ini luar biasa. Seekor ular piton betina yang kami temui memiliki panjang 6,3 meter,” kata Fry. Segala sesuatu yang ditemukan tertangkap kamera dalam serial National Geographic mendatang, Pole to Pole bersama Will Smith.

Tim peneliti mengambil sampel darah dan jaringan dari ular raksasa tersebut. Mereka mengamati ciri-ciri ular tersebut, menghitung sisiknya, serta mengamati corak dan warnanya yang terpisah 10 juta tahun lalu.

Diferensiasi geografis dan genetik berkembang pesat. Anakonda di utara jelas berbeda dengan anakonda di selatan.

Analisis menunjukkan bahwa mereka menyimpang sekitar 10 juta tahun yang lalu. Mereka berpendapat bahwa ular piton hijau dibagi menjadi dua kelompok: ular piton hijau selatan (Eunectes murinus) dan ular piton hijau utara (Eunectes akaima).

Pemisahan spesies ini penting untuk upaya konservasi, menurut Qhotsa. Saat ini, anaconda hijau diklasifikasikan sebagai spesies yang “paling tidak memprihatinkan” oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Namun, hal ini akan berubah secara dramatis jika spesies-spesies ini dipisahkan.

“Hal ini penting karena anaconda hijau yang baru dideskripsikan memiliki wilayah jelajah yang lebih kecil dibandingkan anaconda selatan, (dan) sangat terancam punah,” kata Fry. Python hijau utara juga lebih besar dari keduanya, menjadikannya ular terbesar di dunia.

Seperti banyak spesies di Amazon, kekhawatiran utama adalah ancaman dari manusia. Deforestasi untuk pertanian telah mengakibatkan hilangnya 21-30 persen habitat.

Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 40% pada tahun 2050. Penambangan, kebakaran hutan, dan perubahan iklim juga mengancam spesies yang baru ditemukan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *