Manfaat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Kanker

JAKARTA – Pepaya, buah lokal yang terkenal dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut, ternyata punya bagian kurang baik lainnya, yaitu buah pepaya.

Biji kecil berwarna hitam yang sering dibuang ini kaya akan nutrisi dan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berbeda dengan daging buahnya yang manis, buah pepaya memiliki rasa yang sedikit pahit. Namun, jangan sampai Anda terkecoh dengan rasa ini, karena rasa pahitnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan bukti dari berbagai sumber, simak 6 manfaat buah pepaya yang patut Anda ketahui secara pasti.

1. Mempermudah makan

Buah pepaya kaya akan enzim yang disebut papain dan carpene yang membantu memecah protein dan meningkatkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya juga membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah pepaya kaya akan antioksidan seperti vitamin A, C dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Antioksidan ini juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

3. Melindungi kesehatan ginjal

Buah pepaya mengandung potasium yang membantu mengatur aliran darah dan menjaga kesehatan. Kandungan antioksidan pada buah pepaya juga membantu melindungi dari kerusakan ginjal.4. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya memiliki sifat anti kanker yang membantu mencegah pertumbuhan kanker. Kandungan antioksidan pada buah pepaya membantu melindungi tubuh dari kerusakan DNA yang dapat memicu penyakit kanker.5. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Buah pepaya kaya akan vitamin A dan E yang membantu menjaga kulit dan rambut. Vitamin A membantu menjaga kulit tetap bersih dan jernih, sedangkan Vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.6. Melindungi kesehatan jantung

Buah pepaya kaya akan serat dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ini membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *