Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

VIVA – Kepala Staf Umum TNI (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak baru-baru ini mendapat kabar adanya kenaikan pangkat perwira tinggi di jajaran TNI Angkatan Darat.

Dalam laporan kenaikan pangkat korps yang dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Kota Sukabumi, terdapat 15 perwira senior yang mendapat kenaikan pangkat.

Dari 15 pati tersebut, satu orang mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang tiga TNI, yakni Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo.

Tujuh orang dipromosikan menjadi jenderal bintang dua dan tujuh orang lainnya dipromosikan dari kolonel menjadi brigadir jenderal di TNI.

Nah, dari 15 perwira yang diusung, dua di antaranya merupakan jenderal TNI dari korps baret hijau Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Mereka adalah Mayjen TNI Anton Yuliantoro dan Mayjen TNI Bangun Nawoko.

Kedua jenderal tersebut dipromosikan menjadi Mayjen TNI setelah diserahi tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 dan 3 Kostrad.

Yang menjadi perhatian VIVA Militer adalah Mayjen TNI Bangun Nawoko yang diangkat menjadi Panglima Divisi 3 Kostrad menggantikan Mayjen TNI Choirul Anam setelah meninggalkan Kostrad selama 10 tahun alias bekerja di luar kota.

Sebelum Panglima TNI melantik Kostrad, Mayjen Bangun Nawoko bertugas di Mabes Angkatan Darat sebagai Wakil Asisten Operasional Kepala Staf Angkatan Darat Bidang Rencana Operasi (Waasops Kasad untuk Renops).

Mayjen TNI Bangun Nawoko terakhir bertugas di Kostrad pada tahun 2014, saat itu bertugas di Mabes Divif 1 Kostrad sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Divif 1 Kostrad).

Saat itu, mantan Komandan Brimob Infanteri 13/Galuh harus keluar dari Kostrad karena dipromosikan menjadi asisten operasional Kepala Staf Kodam Cenderawasih di Papua.

Selama periode di luar Kostrad, Akademi Militer Abituren dua kali ditugaskan pada tahun 1992 menjadi orang nomor satu di markas militer (Korem). Mereka adalah Danren 083/Bhaladika Jaya, Kodam Brawijaya dan Danrem 174/Anim Ti Waniggap, Kodam Cenderawasih.

Di akun media sosialnya Pak Bangun menyatakan sudah tujuh kali pulang ke keluarga Kostrad… Selamat datang Pak Bangun… CAKRAAA..!!!!

Baca: Mayjen TNI Haryanto Terbang Sebagai Panglima TNI, Serahkan Jabatan Panglima Divisi 2 Kostrad kepada Temannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *