Cek Fakta: Ibu Ida Dayak Sembuhkan Ashanty setelah Temukan Sesuatu yang Tak Lazim

Fakta VIVA – Channel YouTube Celeb News (https://www.youtube.com/@beritaceleb2779) mengunggah video pada 17 April 2023 yang menyatakan bahwa Ibu Ida Dayak telah memperlakukan Ashanty Hermansyah dengan baik.

Selama proses pengobatan, Ibu Ida Dayak menemukan sesuatu yang tidak biasa pada diri Ashanty, berupa gumpalan darah yang berhasil dikeluarkannya. Usai mendapat perawatan dari Ibu Ida Dayak, Ashanti mengaku merasa bugar dan sehat kembali.

Berdasarkan hasil penelusuran, belum ada laporan resmi mengenai klaim seperti yang tertera dalam unggahan tersebut. Selain itu, foto-foto yang digunakan dalam video tersebut merupakan hasil editan dari berbagai sumber. Foto pertama yang memperlihatkan Ibu Ida Daya mentraktir Ashanty diambil dari channel YouTube Cummicumi (https://www.youtube.com/@cumicumicom).

Dari video asli yang diunggah pada 15 Juni 2016, diketahui Ashanty dilarikan ke rumah sakit karena demam tinggi dan sedang hamil lima bulan.

Selain itu, ada juga gambar Bu Ida Dayak, Ashanty dan Aurel di rumah sakit dengan narasi Bu Ida Dayak berhasil menyembuhkan Ashanty.

Faktanya, foto tersebut diambil dari unggahan di channel YouTube keluarga Anang Hermansyah (https://www.youtube.com/@TheHermansyahA6world) pada 9 Februari 2023. Itu terlihat di video aslinya. Ashanty terbaring di ranjang rumah sakit bersama putrinya, Aurel dan Arsy, dua temannya.

Oleh karena itu, informasi yang disebarkan Celeb News adalah konten manipulasi.

Video yang diklaim Bu Ida Dayak telah menyembuhkan Ashanty Hermansyah dengan baik adalah rekayasa. Faktanya, foto-foto yang digunakan dalam video tersebut merupakan hasil editan dari berbagai sumber.

Sumber: https://cekfakt.com/focus/12601

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *