Wujudkan Program Internasionalisasi Kampus, UMSU Ikuti Pameran APAIE di Australia

VIVA – Mewujudkan proyek kampus internasional, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan di Asia-Pacific Association for International Education (APAIE) di Perth, Australia, 4-8 Maret 2024. . 

Sekadar informasi, pameran ini bertujuan mempertemukan ribuan praktisi pendidikan tinggi dari seluruh dunia untuk membangun kerja sama dan kolaborasi antar perguruan tinggi.

Pada acara ini, UMSU membuka pameran bertempat di W-31 yang menampilkan profil dan detail institusi, fakultas dan program akademik, kegiatan bersama serta menawarkan peluang kerjasama yang memungkinkan. 

Kehadiran UMSU dalam acara tersebut diwakili oleh Wakil Rektor (WR) III UMSU Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Rudianto, beserta Sekretaris Lembaga Kerja Sama dan Kerjasama Luar Negeri M. Shareez Hafiz dan Presiden Pusat Bahasa UMSU Muhammad Rafi.  

Profesor UMSU Agussani MAP menjelaskan, keikutsertaan kampusnya dalam ajang internasional ini bertujuan untuk memperkenalkan UMSU kepada kampus-kampus di seluruh dunia sehingga tercipta kerjasama dan kolaborasi di berbagai bidang seperti pertukaran profesor dan mahasiswa, penelitian bersama, pertemuan ilmiah, dan lain-lain. . 

“Langkah ini diambil untuk menjawab tantangan internasionalisasi pendidikan tinggi yang tak terelakkan. UMSU bertekad menjalin kerja sama internasional dengan institusi lain dari berbagai negara, salah satunya melalui pameran di Australia ini,” kata Agussani pada Rabu, 6 Maret 2024.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSU Rudianto menjelaskan, acara pameran di Perth ini diikuti lebih dari 2.500 peserta dari berbagai kampus mulai dari Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Jepang, Australia, Malaysia, India, Thailand, Taiwan, Hongkong, Korea. , Slowakia, Indonesia, dll. Lebih dari 500 peserta pameran, termasuk UMSU, berpartisipasi dalam pameran tersebut. 

“Alhamdulillah pintu UMSU tidak pernah sepi pengunjung dari Asia, Eropa dan Amerika. Mereka mau bekerja sama dengan kita,” kata Rudianto.

FYI, banyak kampus ternama yang juga membuka tempat diantaranya University of Melbourne di Australia, Monash University di Australia, National University of Singapore, University of Malaya Malaysia.

Kemudian Australian National University, Curtin University di Australia, University of Toronto, Kanada, Nagoya University, Jepang, University of California at Berkeley, USA, dll. 

Banyak kampus yang membuka pintunya di Indonesia, antara lain UMSU, UI, USU, UNPAD dan perguruan tinggi lainnya.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *