Eks Dallas Mavericks Gemilang, Pelita Jaya Bekuk Klub Thailand di BCL Asia

MONGOLIA – Pelita Jaya Bakri Jakarta mengalahkan Thailand Hi-Tech Basketball Club (HIT) 99-81 pada laga Asian Basketball Champions League (BCL) 2024 pada Rabu malam, 3 April 2024, di Ulaanbaatar, Mongolia.

Pelatih Pelitajaya Jakarta, Johannis Vinar mengatakan, tim bermain keras sesuai rencana dan instruksi pelatih.

Pemain sedang mempelajari game plan-nya, kata pria yang akrab disapa Ahang itu dalam wawancara singkat dengan Antara di Jakarta, Rabu, usai pertandingan.

Ia mengatakan Pelita mengawali pertandingan dengan Andakar Prepowa, Brandon Zawato, Muhammad Reza Guntara, Jacory McLaughlin, dan Aliune Tew sebagai kapten.

Sejak kuarter pertama, Pelita tampil kokoh dan mendominasi permainan hingga mengakhiri kuarter dengan skor 25-18.

Selanjutnya skor menyempit menjadi 45-42 di kuarter kedua. Selepas jeda, tim besutan Ahang terus mendominasi permainan dengan memimpin 78-59 di kuarter ketiga dan 99-81 hingga kuarter terakhir.

Penyerang senior Pelita (PF), Muhammad Reza Guntara, membuat lima lemparan tiga angka dari enam tembakan.

Persentase tembakan tiga angka bek terbaik Indonesia Basketball League (IBL) 2023 ini mencapai 83,3 persen dalam waktu bermain 27 menit 43 detik pada laga tersebut.

Sementara Aliune Tyu, pemain asing yang dibawa Pelita beberapa hari sebelum berangkat ke Mongolia, mencatatkan rebound terbanyak di antara rekan satu timnya.

Center kelahiran Prancis ini mencatatkan lima rebound ofensif dan 10 rebound defensif dengan total 15 rebound.

Reza Guntara dan mantan guard Dallas Mavericks JaQuori McLaughlin masing-masing menyumbang 20 poin pada pertandingan itu.

Saat itu kapten tim HIT adalah Freddie Lish yang mencetak poin terbanyak yakni 25 poin.

Pelita Jaya Jakarta dan Prawira Harum Bandung terpilih menjadi tim wakil Indonesia di Asia Basketball Champions League 2024 karena menjadi runner-up dan juara IBL 2023.

Keduanya memulai turnamen dengan berkompetisi dalam dua babak kualifikasi, yang pertama diadakan di Ulan Bator, Mongolia pada tanggal 3–7 April, diikuti dengan babak kualifikasi kedua di Jakarta, Indonesia pada tanggal 23–26 April.   Pada laga kualifikasi, Pravira Harum tergabung di Grup A bersama Bandung Malaysia (NS Matrix Dears), Hong Kong (Hong Kong Timur), dan Mongolia (kedua turnamen di Mongolia).

Musim ini Pelita Jai ​​​​Jakarta akan bersaing di Grup B bersama wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara turnamen Mongolia, dan Singapura (Android Club).

Setiap tim akan memainkan tiga pertandingan pada babak kualifikasi pertama di Mongolia. Tim-tim unggulan grup ‘A’ dan ‘B’ akan lolos ke babak kualifikasi kedua yang digelar di Jakarta.

Sementara peringkat kedua dan ketiga masing-masing grup akan kembali bertemu untuk memperebutkan tiket ke babak kualifikasi kedua di Jakarta. Oleh karena itu, empat tim akan bertanding di Jakarta untuk memperebutkan tiket BCL Asia 2024.

Dua tim berhasil lolos dari babak kualifikasi di Jakarta dan akan bertanding melawan juara nasional masing-masing dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina. (semut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *