Suhu Panas Meningkat Hingga 48 Derajat Celcius, Pemerintah Arab Kasih Tips Ini

Arab Saudi – Suhu naik hingga 48 derajat Celcius, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengingatkan jemaah haji untuk menjaga kesehatan.

Pusat Meteorologi Nasional memperkirakan suhu di Mekah akan berkisar antara 45 hingga 48 derajat Celcius, sangat panas, dan kecil kemungkinan turun hujan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan, Muhammad Al-Abdalali, seperti dilansir Kantor Berita Arab, menegaskan, para jemaah haji mengikuti instruksi Kementerian Kesehatan agar tetap aman dari panas.

Al-Abdalali memberikan tipsnya yakni membawa payung dan tetap terhidrasi, serta penting meluangkan waktu istirahat untuk menghindari kelelahan akibat panas.

Hidrasi diartikan sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh dan merupakan kebutuhan penting untuk menjamin fungsi metabolisme sel-sel tubuh.

Untuk mencegah dehidrasi, penting bagi masyarakat untuk minum cukup air dan memantau warna urin saat buang air kecil.

Jika urine yang dihasilkan lebih encer, berarti tubuh mendapat cukup cairan. Namun jika warna yang dihasilkan kuning tua, itu tandanya tubuh mengalami dehidrasi.

Kementerian berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan lingkungan yang sehat dan aman bagi jamaah haji, mengingat kondisi iklim yang keras, kata Al-Abdalali pada Selasa, 11 Juni 2024 seperti dilansir arabnews.com.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran selama proses ibadah haji, Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengerahkan sekitar 500 personel keamanan sipil terlatih untuk membantu mengatur dan mengendalikan kerumunan di Masjidil Haram.

Pihaknya juga bekerja sama dengan otoritas terkait. Tim ini juga akan mengawasi operasi keamanan dan keselamatan, melindungi properti dan manusia, serta mengawasi sistem fasilitas umum.

Sementara itu, para relawan di negara tersebut telah menghabiskan lebih dari 100.000 jam melayani jamaah menjelang musim haji dengan memberikan layanan termasuk bimbingan dan bantuan serta manajemen kerumunan.

Hal yang sama juga berlaku untuk dukungan multibahasa di lapangan, distribusi makanan dan air kemasan, serta pemantauan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *