10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali Para Lulusannya, Apa Saja?

VIVA – Memutuskan jurusan kuliah sebenarnya tidak mudah. Hal ini mungkin sangat mudah bagi orang yang sudah mengetahui kemana bakat dan kemampuannya. Namun bagaimana dengan orang yang sulit mengapresiasi bakat dan kemampuannya?

Oleh karena itu, memilih jurusan kuliah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan serius. Dengan begitu, Anda tidak akan menyesal di kemudian hari. Lulusan mungkin menganggap beberapa mata kuliah tidak memuaskan karena berbagai alasan, termasuk prospek pekerjaan, gaji, dan perubahan minat pribadi. 

Berikut beberapa jurusan yang sering dijadikan pilihan oleh lulusannya sebagai pilihan yang paling mereka sesali, menurut website pendidikan: Apakah ada jurusan umum yang Anda ambil? Gulir ulasan di bawah ini.

Jurnalistik

Lulusan seringkali menyesal mempelajari jurnalisme karena berbagai tantangan dan perubahan dinamis dalam industri media yang mempengaruhi prospek karir mereka. Inilah sebabnya mengapa lulusan sering menyesali jurusan ini:

Alasan Penyesalan: Banyaknya persaingan di bidang media dan komunikasi. Gaji awal yang rendah dan ketidakpastian pekerjaan di industri media. Perubahan cepat dalam teknologi dan platform media mempengaruhi stabilitas karir.

Sosiologi Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini sangat ketat. Pekerjaan lapangan terbatas dan seringkali memerlukan pelatihan lanjutan. Gaji rendah dan ketidakamanan kerja.

Seni adalah pasar kerja yang sangat kompetitif. Pendapatan tidak stabil, terutama bagi para pekerja lepas dan mereka yang bekerja di industri kreatif. Biaya peralatan dan bahan yang tinggi tanpa pendapatan yang memadai.

Komunikasi Persaingan sangat ketat di bidang media dan komunikasi. Gaji awal yang rendah dan ketidakpastian pekerjaan di industri media. Perubahan cepat dalam teknologi dan platform media mempengaruhi stabilitas karier.

Pendidikan

Lulusan seringkali menyesal mengambil jurusan pendidikan karena berbagai alasan. Meskipun pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dan mempunyai dampak yang sangat besar bagi masyarakat, terdapat beberapa tantangan yang membuat lulusan merasa tidak puas dengan pilihannya.

Studi Manajemen Pemasaran

Jurusan riset pemasaran memberikan analisis pasar yang berharga dan keterampilan pengambilan keputusan bisnis, namun sering kali disesali oleh lulusannya karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah kurangnya tugas spesifik, tugas yang berulang-ulang dan membosankan, gaji yang tidak mencukupi, dan kreativitas yang terbatas.

Ilmu politik dan pemerintahan

Jurusan ilmu politik dan pemerintahan seringkali menyesali karena berbagai alasan, antara lain prospek kerja, gaji, dan kenyataan bekerja di lapangan. 

Biologi

Lulusan biologi seringkali menyesali berbagai alasan terkait prospek kerja, gaji, dan realita kerja di lapangan. Ada beberapa alasan mengapa lulusan spesialisasi ini sering menyesalinya. Salah satunya adalah gaji yang rendah, prospek kerja yang terbatas, gaji yang rendah, ketidaksesuaian antara teori dan praktek, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *