Cek Fakta: Pelaku Penembakan Habib Bahar bin Smith Merupakan Anggota PKI

Jakarta – Pada tanggal 23 Mei 2023, akun YouTube bernama Lida Rakyat (https://www.youtube.com/@lidhamrakyat6361) mengunggah video yang mengklaim bahwa penembak Habib Bahar bin Smith yang merupakan anggota PKI telah mendapat hukuman. dia. ,

Setelah ditelusuri lebih lanjut, sebenarnya yang disampaikan dalam video tersebut bukanlah tentang ditangkapnya pelaku penembakan Habib Bahar bin Smith, melainkan tentang rentetan peristiwa penembakan yang dialami Habib. Sebenarnya pemohon tidak memberikan keterangan apapun mengenai tersangka penembak.

Rekaman video yang digunakan dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang dibuat dalam artikel tersebut. Misalnya saja pada menit 02.20, pengunggah menggunakan video klip CompassTV tanggal 15 Mei 2023 yang memuat wawancara Kabid Humas Polda Jabar yang membenarkan ada oknum pendukung Habib Bahar bin yang tak ada saksinya. Smith melaporkan.

Selain itu, pengunggah juga menggunakan video dari channel YouTube Bernama Sakera 212 (https://www.youtube.com/@sakera2124) yang menampilkan aktivitas Habib Bahar bin Smith sesaat setelah keluar dari rumah sakit.

Oleh karena itu, video yang mengklaim pelaku penembakan, Bahar Bin Smith yang merupakan anggota PKI telah ditangkap adalah konten palsu karena belum ada pernyataan resmi dari pihak kepolisian.

Sebuah akun YouTube mengunggah video yang mengklaim pelaku penembakan, Habib Bahar bin Smith, adalah anggota PKI. Sebenarnya, hal ini tidak benar. Upload cover, judul dan isi tidak sesuai.

Sumber: https://cekfakt.com/focus/12773

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *