Menguak 4 Manfaat Buah Pir yang Jarang Orang Tahu, Bisa Turunkan Berat Badan?

VIVA Lifestyle – Ini dia manfaat buah pir yang jarang diketahui orang. Pir sering dianggap sebagai buah yang mudah ditemukan dan rasanya sederhana, namun ternyata buah ini mempunyai banyak potensi kesehatan.

Pasalnya, kandungan serat yang tinggi pada buah pir dipadukan dengan nutrisi pendukung lainnya. Apa saja manfaat buah pir? Yuk cari informasi lengkapnya!

Oleh Apple & Pear Australia Ltd (APAL), buah pir memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selain itu, jika dikonsumsi saat masih segar dan renyah, buah pir bisa menjadi camilan lezat yang bisa membuat Anda kenyang dalam waktu lama.

Beberapa manfaat buah pir yang tinggi serat antara lain:

1. Sumber serat

Pir merupakan sumber serat yang enak dan baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu mengurangi nafsu makan.

2. Indeks glikemik rendah

Selain tinggi serat, buah pir juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Ini berguna untuk mengontrol berat badan.

3. Memperlancar pencernaan 

Pir mengandung sorbitol dan fruktosa alami. Kandungan tersebut mampu membantu melancarkan proses pencernaan.

4. Baik untuk daya tahan tubuh 

Seperti beberapa buah lainnya, buah pir juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem imun tubuh.

Cara memilih dan menyimpan buah pir 

Chef Gilles Marx, kepala koki Amoz Restaurant, menjelaskan cara memilih dan menyimpan buah pir agar tetap segar. Pemaparan ini disampaikan pada workshop Taste and Create With Australia 2024 yang diselenggarakan oleh Austrade dan Meat & Livestock Austria (MLA) pada Kamis 20 Juni 2024.

“Saat memilih buah pir, hindari buah pir yang memar dan terbelah. Jika ingin langsung dimakan, petiklah bagian yang paling dekat dengan batangnya untuk mengecek kelembutan buah pir tersebut,” kata Chef Gilles.

Selanjutnya ada perbedaan cara penyimpanan buah pir antara yang masih mentah dan yang sudah matang. Jika buah pir belum matang, sebaiknya simpan di suhu ruangan agar matang secara alami.

Namun jika buah pir sudah matang sebaiknya disimpan di lemari es. “Hindari memetik buah pir untuk menghindari langit,” tambahnya.

Chef Gilles pun berbagi tips mencegah panasnya daging buah pir. Caranya adalah dengan merendam buah pir dalam air perasan lemon dan menyimpannya dalam wadah tertutup rapat di lemari es.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *