Penyebab Shin Tae-yong Tak Mungkin Naturalisasi Ciro Alves dan David da Silva

VIVA – Dukungan terhadap naturalisasi dua pemain Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva santer di kalangan netizen di media sosial. Pasalnya, duo Brasil itu sangat cepat membantu Persib lolos ke Final Liga Champions 1 2023/2024.

Musim ini, David menjadi pencetak gol sementara Ligue 1 dengan 27 gol dan 9 assist. Sementara Ciro menyusul dengan 16 gol dan 10 assist untuk Maung Bandung.

Dengan statistik tersebut, Ciro dan David da Silva terpacu untuk menjadi pemain nasional timnas Indonesia. Apalagi, pelatih Timnas Indonesia, Shin Taiyong, kini tengah menjalankan program tersebut dengan intensitas penuh.

Namun terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Salah satu syarat naturalisasi adalah calon warga negara harus sudah hidup minimal 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut. 

Ciro Alves telah memenuhi syarat bermain di Indonesia selama lima tahun berturut-turut sejak 2019. Namun, harus dipastikan dia tidak kembali ke kampung halamannya selama masa naturalisasi. Sementara naturalisasi sulit dilakukan karena David da Silva pindah ke Terengganu untuk musim 2021.

Selain persyaratan tersebut, kedua pemain tersebut tidak memenuhi standar pemain yang diinginkan Shin Tae-yung. Pasalnya, formulasi asal Korea Selatan tersebut hanya menawarkan pemain yang bermain di luar negeri saja.

Selain itu, STY juga selalu menampilkan pemain asal Indonesia. “Saya hanya ingin pemain kelahiran Indonesia (yang dinaturalisasi), bukan pemain non-kelahiran Indonesia,” kata Shin Tae-yong belum lama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *