BYD Siap Kembangkan Bus Listrik di Indonesia

Shenzhen – Produsen kendaraan listrik Tiongkok Build Your Dreams (BYD) menyatakan siap berkontribusi dalam upaya pengembangan kendaraan komersial listrik seperti bus di Indonesia untuk mendukung transportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Eagle Zhou, Presiden dan Direktur PT BYD Motor Indonesia, mengatakan pihaknya akan terus berdiskusi dengan pemangku kepentingan mengenai rencana pengembangan bus listrik di pasar Indonesia.

Ia menambahkan, salah satu kekhawatiran utama dari ambisi tersebut adalah memburuknya kualitas udara Jakarta yang juga dipengaruhi oleh emisi kendaraan.

“Kami sangat mendorong penggunaan angkutan umum berbasis listrik di Jakarta. Kami melihat polusi udara lebih parah, khususnya di Jakarta pada tahun lalu,” ujarnya di Shenzhen, China, seperti dikutip VIVA Otomotif.

Eagle mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penelitian dan pengembangan khusus untuk memperkenalkan bus listrik canggih ke Indonesia.

“BYD secara khusus melakukan penelitian guna menyediakan bus listrik dengan level yang lebih tinggi untuk pasar Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Eagle mengatakan, untuk mempercepat penerapan angkutan umum listrik, pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai pihak lokal.

Sedangkan salah satunya adalah PT VKTR Mobility Technology Tbk (VKTR). Menurut Eagle, VKTR merupakan mitra lokal di bidang bus listrik di Indonesia.

“VKTR merupakan mitra lokal kami untuk memasuki pasar bus listrik Indonesia,” jelas Eagle.

Sekadar diketahui, VKTR saat ini memproduksi sejumlah unit bus listrik full knock down (CKD). Sedangkan jenis bus yang digunakan adalah merek BYD D9 lantai atas.

“Kami berharap elektrifikasi angkutan umum dapat dilaksanakan lebih cepat pada tahun ini, sehingga polusi udara di Indonesia, khususnya di Jakarta, cepat membaik,” pungkas Eagle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *