Pembangunan IKN, Ceramah Anies hingga Syarat Mudik Lewat Merak

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya kesetaraan di kota-kota berkembang. Pendekatan sosiologis terhadap gagasan diperlukan ketika membangun infrastruktur. Membangun infrastruktur di Ibu Kota Jakarta saat ini, menurut Anies, menyangkut tiga hal, yakni ide, cerita, dan karya. Menurutnya, membangun infrastruktur ide, cerita, dan karya akan mampu menghasilkan kesetaraan sosial. Lain halnya jika Anda hanya mencurahkan pekerjaan untuk membangun infrastruktur.

Isu pembangunan infrastruktur diangkat Anies saat memberikan ceramah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis malam, 7 April 2022.

Kabar ceramah Anie menjadi berita terpopuler di channel VIVA News pada Jumat, 8 April 2022.

Selain pemberitaan Anies, kabar politisi senior PDIP Bambang Wurianto alias Bambang Pakul juga menyita perhatian banyak pembaca VIVA.

Bambang angkat bicara soal kekuasaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam keterangannya, Bambang menyebut Menko Luhut sebagai “Perdana Menteri” atau Perdana Menteri.

Tak hanya dua berita tersebut, sejumlah berita lainnya juga masuk dalam berita terpopuler di channel News VIVA. Berikut lima berita terpopuler Jumat 8 April 2022 yang dirangkum dalam artikel rangkuman:

1. Kuliah di UGM, Anies ingatkan bangun infrastruktur dengan ide

Gubernur DKI Jakarta Anies Raseed Baswedan menyampaikan ceramah di Masjid Kampus Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis malam, 7 April 2022. Anies kemudian menyampaikan pentingnya kesetaraan di kota-kota berkembang.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, perlu menggunakan pendekatan sosiologis dalam membangun infrastruktur. Topik ceramah yang disampaikan Anies adalah “Menjadi Insan Berharga Menyongsong Indonesia Sebagai Pemimpin Dunia Tahun 2045”.

“Bangunlah infrastruktur dengan ide, bukan sekedar infrastruktur untuk kepentingan infrastruktur. Tapi infrastruktur untuk kepentingan sosial punya ide sosiologis di balik (pembangunan) infrastruktur,” kata Anies. Baca cerita lengkapnya di sini.

2. Bambang Pakul menyebut kekuasaan Luhut di kabinet adalah “kesalahan” Jokowi.

Politisi senior PDIP Bambang Wurianto alias Bambang Pakul angkat bicara soal kekuasaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam keterangannya di Senayan, Kamis, Bambang tak segan-segan menyebut Menko Luhut sebagai Perdana Menteri atau Perdana Menteri.

Menko Luhut dijuluki “perdana menteri” karena dinilai punya peran penting di kabinet. Seperti yang Anda ketahui, sistem pemerintahan Indonesia adalah presidensial, bukan parlementer. Oleh karena itu, tidak ada jabatan perdana menteri di pemerintahan.

Bambang Pakul punya alasan menyebut Luhut Panjaitan sebagai “Perdana Menteri”. Baca berita selengkapnya di sini,

3. Moeldoko mengatakan pembangunan infrastruktur di IKN akan segera dimulai

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) bukan hanya proyek prioritas, melainkan super prioritas. Untuk itu diperlukan kerja luar biasa yang memerlukan persiapan matang, pengawasan dan kerjasama antar kementerian/lembaga dan otoritas.

Moeldoko mengatakan, pembangunan dan pemindahan IKN merupakan perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya, hal ini juga bukan pekerjaan mudah dan tidak singkat.

“Pekerjaannya rumit dan waktunya sangat lama, 5-20 tahun. Perlu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang detail, pemantauan yang ketat dan berkesinambungan, termasuk komunikasi partisipatif,” kata Moeldoko saat memimpin rapat koordinasi pemantauan pembangunan infrastruktur dan komunikasi strategi IKN, di Jakarta, Jumat, 8 April 2022. Baca berita selengkapnya di sini .

4. DPR mengungkapkan DK OJK yang dipimpin Mahendra Siregar punya banyak PR

Komisi

Menanggapi hal tersebut, Komisaris

Puteri mengatakan, hingga saat ini industri keuangan Indonesia terdampak berbagai permasalahan di perbankan, asuransi, dan pasar modal. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Mudik Idul Fitri 2022 lewat Pelabuhan Merak, Ini Syaratnya

Masyarakat yang melakukan mudik Idul Fitri 2022 melalui Pelabuhan Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan. Sedangkan jika sudah memberikan vaksin dosis pertama, harus melampirkan surat bebas Covid-19 melalui tes PCR.

Untuk vaksin dosis kedua, selanjutnya sertakan surat gratis Covid-19 dengan antigen atau PCR. Sementara itu, masyarakat yang mudik dan sudah mendapat vaksinasi dosis ketiga tidak perlu menyerahkan surat gratis Covid-19.

Termasuk vaksin dosis pertama, bisa juga melakukan perjalanan (pulang kampung), tapi ada lagi tes PCR atau rapid antigen, kata Humas Ditjen Perhubungan Budi Setyadi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, dikutip Jumat. , 8 April 2022 Baca cerita lengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *