Intip Resep Matcha Soy Milk, Bisa Jadi Alternatif Pengganti Es Kopi Susu yang Lebih Sehat

VIVA Kuliner – Artikel ini membahas tentang resep Susu Kedelai Matcha. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari matcha Jepang atau bubuk teh hijau dan dipadukan dengan susu atau susu.

Resep susu kedelai matcha ini bisa menjadi alternatif kopi dengan susu yang lebih sehat. Seperti yang Anda ketahui, baik kopi maupun matcha sama-sama mengandung kafein, namun jumlahnya lebih sedikit. Yuk simak informasi lengkapnya.

Diterbitkan oleh Mizuba Tea, matcha paling enak mengandung sekitar 34 miligram kafein per gram bubuk matcha. Untuk konsumsi umum, satu porsi matcha setara dengan dua gram bubuk per 100 mililiter (sekitar 3,5 ons) air. Artinya akan ada sekitar 68 miligram kafein dalam satu porsi.

Sedangkan untuk kopi, rata-rata cangkir berukuran delapan ons mengandung sekitar 80-100 miligram kafein. Namun kandungan kafeinnya bisa berbeda-beda tergantung banyak faktor, seperti jenis kopi, cara penyeduhan, dan jenisnya. Mengapa Susu Kedelai Matcha Sehat? 

Ada banyak alasan mengapa susu matcha lebih sehat dibandingkan es kopi susu yang sering kali diberi tambahan gula.

1. Kaya akan antioksidan 

Matcha merupakan bubuk teh hijau yang terkenal dengan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Rendah kolesterol 

Susu atau susu merupakan tanaman rendah lemak dan rendah kolesterol. Ini adalah pilihan bagus bagi mereka yang tidak bisa atau lebih memilih untuk berhenti mengonsumsi produk susu.

3. Gula

Jika Anda memilih susu matcha tanpa tambahan gula, ini bisa menjadi pilihan yang lebih rendah gula dibandingkan minuman lain yang sering kali mengandung lebih banyak gula.

4. Kaya nutrisi

Kedelai mengandung protein nabati, serat, vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membuat susu matcha memberikan nutrisi tambahan tersebut.

5. Energi berkelanjutan

Kafein dalam matcha cenderung memberikan lebih banyak energi berkelanjutan dibandingkan kopi. Hal ini dikarenakan efek kafein matcha dengan L-theanine dapat mengurangi efek kelebihan kafein. Resep Susu Kedelai Matcha 

Jika Anda ingin mencoba susu matcha, berikut resep yang bisa Anda coba.

Komposisi: – 2 sendok teh bubuk matcha – 1 cangkir susu (sekitar 240 ml), jika memungkinkan pilih versi tanpa tambahan gula – Sedikit air hangat untuk melarutkan bubuk matcha – es batu (opsional) – madu (opsional)

Bagaimana:

1. Panaskan air hingga hampir mendidih. Tuangkan air panas ke dalam mangkuk kecil atau gelas kecil.     2. Kemudian tambahkan bubuk matcha ke dalam mangkuk atau cangkir kecil. Gunakan saringan bubuk (alat pembersih yg terbuat dr karet) atau garpu untuk menahan bubuk matcha di atas air panas hingga larut dan bebas gumpalan.

3. Tuang susu ke dalam gelas atau mangkuk besar.

4. Tuang adonan matcha ke dalam susu. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

5. Jika ingin lebih manis, tambahkan madu atau pemanis lainnya sesuai selera, lalu aduk kembali.

6. Tambahkan es krim jika ingin dinikmati sebagai es krim susu matcha.

7. Sebelum disajikan, aduk kembali untuk memastikan semua bahan tercampur.

Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *