Viral Makan Bawang Putih Mentah Bisa Bikin Kulit Glowing, Mitos Atau Fakta?

VIVA Lifestyle – Bawang putih merupakan bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, belakangan ini netizen di TikTok dan Instagram dihebohkan dengan tren makan bawang putih mentah untuk kulit bersinar. Fakta atau mitos?

Laporan dari India Today mengklaim bahwa beberapa ahli menyatakan bahwa kandungan allicin pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Tapi apakah ini membenarkan fakta bahwa makan bawang putih mentah secara otomatis membuat kulit Anda bersinar? Scroll untuk informasi lebih lanjut, yuk!

Ternyata, mengonsumsi bawang putih mentah tidak selalu membuat kulit bersinar. Bagi sebagian orang yang mencobanya, tren ini justru memperburuk jerawat.

Mengenai fenomena ini, dokter kulit dan kecantikan yang berbasis di Mumbai Dr Shareefa Chasee menjelaskan bahwa bawang putih adalah salah satu herbal terbaik yang tersedia dan digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit. Hal ini karena bawang putih mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik.

Berikutnya, kandungan allicin pada bawang putih membantu membunuh bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acne). Tak hanya itu, bawang putih juga mampu melancarkan sirkulasi darah.

Kandungan zinc serta vitamin dan mineral lainnya juga membuat bawang putih membantu mengurangi jerawat. Lalu ada Tiosulfat, senyawa sulfur pada bawang putih yang memiliki sifat antibakteri. 

“Bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah atau sebagai siung bawang putih yang dipanaskan. Bawang putih juga mengurangi pembengkakan dan peradangan,” kata dr Shareefa seperti dikutip VIVA, Senin (24/6/2024).

Namun di sisi lain, penelitian mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan kulit, termasuk pengobatan jerawat, masih terbatas. Artinya, belum ada cukup bukti ilmiah untuk menentukan apakah makan bawang putih membuat kulit bersinar atau tidak.

“Kandungan allicin dalam bawang putih bervariasi, sehingga sulit untuk membakukan dosis untuk alasan pengobatan,” jelas konsultan kulit lainnya dari The Esthetic Clinics di Mumbai, Dr Rinky Kapoor.

Meskipun bawang putih mentah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun juga memiliki beberapa kelemahan, terutama jika digunakan secara berlebihan. Misalnya, setelah makan bawang putih, beberapa orang mungkin mengalami mulas, gangguan pencernaan, atau rasa tidak nyaman di perut.

Bahkan tak jarang bawang putih menimbulkan reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, atau bahkan gangguan pernafasan pada sebagian orang. “Karena kemungkinan interaksi dan implikasi kesehatan, bawang putih harus digunakan dengan hati-hati oleh wanita hamil, ibu menyusui, dan siapa pun yang mengonsumsi obat pengencer darah,” kata Dr. Kapoor.

Jadi, sebelum Anda mengadopsi tren makan bawang putih mentah untuk kulit bercahaya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan atau dokter kulit Anda. Penderita jerawat sebaiknya memprioritaskan program perawatan kulit holistik yang mencakup perawatan topikal hingga perubahan gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *