Heboh Penampakan Orangutan Raksasa Setinggi Rumah di Pedalaman Kalimantan Timur Bikin Geger

VIVA – Kehadiran primata raksasa setinggi atap rumah sedang viral di media sosial hingga membuat heboh banyak netizen media sosial. Video tersebut diunggah berbagai akun media sosial, salah satunya akun Instagram terbaru @respons_id.

Dalam tayangan berdurasi 31 detik itu menampilkan penampakan orangutan yang ukurannya tidak normal. Pasalnya, tinggi badan orangutan yang viral di media sosial itu hampir mencapai atap rumah.

Dalam video yang direkam seseorang, orangutan berbulu coklat tebal itu terlihat di bawah pohon dan di samping rumah warga. Kemunculan orangutan dengan bentuk tak biasa ini awalnya direkam oleh pengguna akun TikTok bernama Khoikul Qomarudin yang kemudian dibagikan melalui berbagai media sosial.

“Seekor orangutan berukuran besar tertangkap kamera sedang berkeliaran di pedalaman Kalimantan Timur,” demikian bunyi keterangan dalam postingan Instagram di atas yang dikutip VIVA.co.id pada Senin, 8 Juli 2024.

Diketahui, video tersebut diambil saat perekam sedang berada di kawasan pemukiman di pedalaman Kaltim.

“Oh, itu buruk,” kata perekam dalam video.

Hal itu terungkap dengan hadirnya perekam suara beraksen Banjar. Seperti diketahui, Banjar merupakan suku yang tinggal di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Reaksi warganet

Sontak, sebuah video viral di media sosial hingga mengundang reaksi netizen.

“Kasihan, rumahnya rusak karena pembangunan trade fair,” tulis salah satu warganet.

Komentar lain mengatakan: “Dampak deforestasi terhadap proyek mangkrak, aset bagus, mega proyek ikan mangkrak, di mana dijual, siapa yang menjual kayu hutan, hilang tanpa bekas.”

Karena habitatnya dirusak oleh Mukidi CS, tulis yang lain.

“Sebentar lagi anakonda raksasa akan keluar, rumahnya akan dihancurkan oleh makhluk serakah! Bahkan manusia pun merasa tidak ada tandingannya dengan makhluk serakah ini!” Kata yang lain.

Yang lain menulis: “Sayang sekali pihak berwenang meratakan rumahnya.”

“Artinya hutan besar tempat tinggalnya sudah habis… Proyek IKN hebat! Bukan hanya merusak perekonomian tapi juga alam,” sahut yang lain.

“Ya Tuhan… turut berduka cita. Semoga pihak terkait dapat membantu @wwf_id @orangutan_foundation @orangutan_survival,” sahut yang lain.

Baca artikel trending VIVA menarik lainnya di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *