Yandex Bersama 2 Kampus Gelar Diskusi Kecerdasan Buatan

Bandung – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) menyelenggarakan dua konferensi bertema “Intelijen dan Etika” pada tanggal 22 dan 23 Januari 2024.

Kajian ini merupakan bagian dari kampanye yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi internasional Yandex dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) dan Masyarakat AI Indonesia (IAIS).

Kampanye ini bertujuan untuk memaparkan lanskap AI di Indonesia, mengeksplorasi praktik terbaik, dan mendiskusikan bagaimana AI dapat menciptakan lingkungan digital yang lebih aman.

Kampanye ini diluncurkan pada Desember 2023 melalui ceramah di Universitas Gadjah Mada yang dihadiri oleh Nezar Patria, Wakil Direktur Media dan Informasi, dan Tegu Arifiyandi, Direktur Teknologi Informasi Cominfo.

Kajian yang dilaksanakan pada bulan Januari ini mengangkat topik “Perkembangan Terkini Kecerdasan Buatan: AI Generatif: Perspektif Etis, Studi Pengalaman Global” yang diadakan di Universitas Pajajaran dan “Perkembangan Terkini Kecerdasan Buatan: AI Generatif, Berpikir Positif, AI. Pendidikan”, yang dilaksanakan di Universitas Pajajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur DIA UPI, Prof. Dr. Achmad Bukhor berharap UPI dan Yandex dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan untuk mengatasi tantangan dan menciptakan peluang di industri AI.

Prof. Dr. Menurut Achmad Bukhor, “Dengan menggandeng Yandex, UPI dapat berpartisipasi dalam kemitraan baru yang dapat menciptakan perspektif internasional dan membuahkan hasil yang berkontribusi terhadap masa depan umat manusia yang lebih baik.”

Alexander Popovsky, VP Strategy Yandex Search, mengatakan bahwa konferensi ini merupakan kesempatan unik untuk berbagi pengalaman dan bagi Yandex untuk berkontribusi pada masyarakat digital Indonesia dan pengembangan teknologi.

Alexander Popovsky mengatakan bahwa “ketika kita berbicara tentang AI, kita harus mempertimbangkan tidak hanya perubahan positif yang mempengaruhi kehidupan kita, namun juga perannya dalam menciptakan lingkungan digital yang aman.

Sebagai perusahaan yang mengembangkan solusi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, Yandex percaya bahwa mengembangkan dan menerapkan kecerdasan manusia dengan cara yang benar dapat meningkatkan kepercayaan terhadap teknologi yang membentuk masa depan kita.

Ketua Jurusan Ilmu Komputer Universitas Pajajaran, Ph.D. Setyavan Hadi dalam sambutan pembukaannya mengatakan, “AI Generatif memungkinkan setiap orang untuk berkreasi dan berinovasi. Tidak hanya bidang ilmu komputer yang terkena dampaknya, tetapi juga bidang lain seperti budaya, politik, bahkan bisnis. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan kemungkinan dampaknya terhadap bisnis, ilmu sosial, dan seni. “

Profesor Danny Darmavan membawakan topik “Kecerdasan Buatan Berbasis Bio-Komunikasi (Analisis Bisnis Cerdas Masa Depan untuk Praktik Pendidikan di Sektor)”.

Dia berbicara tentang otak manusia dan bagaimana kecerdasan manusia berasal dari strukturnya. Menurut Profesor Darwaman, sistem biokomunikasi telah membantu menjelaskan kecerdasan dalam hal pemrosesan informasi di area tertentu di otak manusia.

Aleksandr Popovsky berbicara tentang “Etika AI Generatif: Menuju Lingkungan Teknologi yang Lebih Aman”. Dia memaparkan rincian solusi AI Yandex dan cara mengintegrasikannya ke dalam lingkungan Yandex, serta berbagi prinsip yang diikuti Yandex dalam pengembangan solusi kecerdasan buatan, seperti pengembangan AI yang baik, kepatuhan terhadap standar keamanan, dan inovasi. teknologi yang tidak masuk akal tercermin dengan cara yang benar.

Alexander juga berbicara tentang Kode Etik AI – pedoman dan undang-undang yang dirancang untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tepercaya untuk pengembangan kecerdasan buatan.

Aleksandr Popovsky, VP Strategy Yandex Search, mengatakan: “Saat membuat dan melatih model ML, para insinyur mengandalkan berbagai prinsip, yang paling penting adalah keamanan. Tentu saja, keakuratan jawaban dan kontribusi jaringan saraf juga penting, namun keselamatan selalu diutamakan.”

Irina Barskaya, Kepala Departemen NLP, ML dan Penelitian, Yandex, memberikan artikel dengan topik “AI Generatif”, berbicara tentang berbagai jenis utama AI generatif, memberikan penjelasan tentang bagaimana Anda dapat LLM sendiri dan memperkenalkan YandexGPT untuk mendengarkan. , Teknologi AI Yandex dan aplikasinya.

Ilya Zakharov, Penasihat Pendidikan Yandex, berbicara dengan topik: “Ikhtisar Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Status Saat Ini dan Prospek Masa Depan.” Beliau berbicara tentang penerapan kecerdasan manusia saat ini, potensi intelektual masa depan dan dampaknya terhadap pendidikan.

Beliau mencontohkan bagaimana sistem pembelajaran online menggunakan AI dan menunjukkan banyak layanan Yandex Education seperti Yandex Textbook, Yandex Practicum dan Yandex School of Data Analysis dan masih banyak lainnya. Ilya mengatakan dengan bantuan kecerdasan, masyarakat akan mempunyai kesempatan untuk mempelajari hal-hal kreatif, lebih fokus pada perolehan soft skill dan lebih termotivasi untuk belajar berpikir kritis.

Andrey Budilov, kepala tim anti-penipuan UGC dan Yandex Search, berbicara tentang topik “AI untuk perlindungan data”. Dia menunjukkan bagaimana Yandex melindungi pengguna dari konten menyesatkan di peta dan layanan navigasi mereka. Pengguna mengandalkan layanan ini untuk menemukan tempat-tempat seperti hotel dan toko, dan ulasan dari pengguna lain membantu mereka memutuskan tempat untuk memilih.

Namun, ulasan autentik dapat tercampur dengan ulasan palsu, yang pada akhirnya merusak pengalaman pengguna, sehingga model ML dilatih untuk mendeteksi dan memblokir ulasan palsu yang diberikan oleh penipu tanpa memengaruhi konten UGC asli.

Co-Research and CEO LEGIS, Elang Adhiaksa, merilis buku berjudul “AI Anxiety.” Menurut Bapenas, diperkirakan akan ada 20-45 juta lapangan kerja di Indonesia berkat digitalisasi. Meskipun AI menggantikan atau meningkatkan beberapa pekerjaan, terdapat juga lapangan kerja baru yang muncul sebagai akibat dari kebangkitan AI.

Hal ini karena, selain efisiensi baru yang dibawanya, AI memaksa kita untuk mengembangkan keterampilan baru dan membuka banyak kemungkinan baru. Ia memaparkan, misalnya, Legis yang mengubah pekerjaan sehari-hari para profesional hukum dengan menggunakan alat dan solusi penelitian berbasis AI.

Menurut Elang Adhyaksa, “Manusia tidak akan tergantikan oleh kecerdasan buatan. Manusia akan tergantikan oleh AI.”

Dosen Departemen Ilmu Komputer Universitas Pajajaran, Ph.D. Asep Sholahuddin berbicara dengan topik “Dialog Etis”. Dia memberikan gambaran umum tentang intelijen di subbidang dan berbagai penerapannya, serta mendiskusikan kemungkinan implikasi praktisnya.

Ia menyebutkan prinsip AI nasional Indonesia yang mencakup partisipasi, kemanusiaan, keselamatan, aksesibilitas, transparansi, dan perlindungan data pribadi, serta usulan strategi untuk mengatasi dampak negatif AI.

Asep Sholahuddin menyampaikan bahwa “dampak negatif dari kecerdasan buatan, seperti penipuan atau konspirasi, inilah yang menekan kita untuk mengembangkan prinsip-prinsip AI. Kita harus memastikan bahwa teknologi AI dapat dikembangkan dan digunakan dengan tepat.”

Presiden INAPR dan dosen Universitas Pajajaran, Dr. Intan Noor Yulita membawakan presentasi bertajuk “Menjelajahi Pengalaman Dunia”. Ia mengatakan kerja sama global dalam penelitian AI sangat penting untuk menciptakan solusi komprehensif, memungkinkan keragaman keahlian dan perspektif budaya untuk menerapkan pendekatan baru.

Proses kolaboratif ini didorong oleh berbagai pengalaman dan keterampilan, yang tidak hanya mendorong inovasi, namun juga membantu memecahkan tantangan global, termasuk tantangan yang terkait dengan kesehatan masyarakat dan kesenjangan. Presiden Masyarakat Kecerdasan Buatan (IAIS), Dr. Ir. kata Lucas dalam “Artificial Intelligence Saat Ini (Perkembangan Kecerdasan Buatan di Indonesia)”. Dia menyebutkan tren masa depan dalam kecerdasan manusia, seperti hiper-personalisasi dan analisis prediktif, yang akan membantu perusahaan memprediksi perilaku dan tren pelanggan dengan lebih akurat.

Dr. Ir. Lucas berkata: “Panduan yang berguna bagi organisasi untuk menggunakan AI dengan cara yang manusiawi adalah memastikan bahwa keputusan yang dibuat oleh AI dapat dijelaskan, transparan, dan adil.

Dalam mendukung pertumbuhan dan inovasi ekosistem AI, pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat sebagai pemangku kepentingan harus mengambil pendekatan yang adil dan adil terhadap etika dan hubungan sosial AI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *