Segrup dengan Vietnam di ASEAN Cup, Shin Tae-yong Tak Merasa Terbebani

Jakarta – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menilai fakta bahwa tim Garuda satu grup dengan timnas Vietnam di Piala ASEAN 2024 sama sekali tidak menjadi beban baginya.

Indonesia dan Vietnam sama-sama tergabung di Grup B Piala ASEAN 2024, bersama Filipina, Myanmar, dan Laos berdasarkan hasil pengundian grup pada 21 Mei.

“Untuk pertandingan Piala ASEAN, kami satu grup dengan Vietnam. Saya juga menilai Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia adalah tim-tim yang berpotensi lolos ke empat besar. Untuk itu saya akan mempersiapkannya semaksimal mungkin. Grup kami bagus, jadi tidak ada beban, kata pelatih Shin saat ditemui sebelum latihan tim di ABC Training Ground, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Menjadi pelatih timnas Indonesia sejak 2019, pelatih Shin belum pernah membawa kesuksesan tim Garuda ke level Asia Tenggara. Prestasi terbaik pelatih asal Korea Selatan itu adalah finis kedua di Piala AFF 2020.

Saat ditanya betapa pentingnya turnamen Piala ASEAN, pelatih Shin dengan diplomatis menjawab bahwa sepak bola Indonesia kini harus melihat ke level yang lebih tinggi.

“Jujur saya tidak tahu (seberapa penting Piala AFL), tapi yang pasti AFL lebih besar dari AFL. “Saya minta semua pihak tidak membatasi diri pada Piala AFL saja, tapi ya mari kita maju sendiri, lebih maju lagi melihat hal-hal yang lebih besar seperti AFC atau FIFA,” tegas pelatih Shin.

Selain Piala ASEAN 2024 yang baru digelar akhir tahun, pelatih Shin masih membesut timnas untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini Timnas Indonesia berpeluang lolos ke babak ketiga yang akan dimulai pada 5 September. Sedangkan Piala ASEAN 2024 akan digelar pada 23 November hingga 21 Desember.

Dengan jeda waktu yang begitu singkat antara kedua turnamen, terbuka peluang terbentuknya dua tim nasional. Namun saat ini Pelatih Shin belum bisa memastikannya.

“Soal pembentukan dua tim atau kalau terus begini, mungkin sebaiknya dibicarakan dulu dengan Pak Erick, Ketua Umum PSSI saat ini. Jadi kita bahas dulu baru kita umumkan caranya,” tutupnya. (semut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *