Begini Cara Kerja Yamaha Nmax Turbo yang Sudah Tak Pakai Roller

JAKARTA, 13 Juni 2024 – Yamaha NMAX terbaru telah resmi diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) dengan embel-embel turbo di belakangnya. Lantas seperti apa turbo pada jagoan gede Yamaha ini?

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing dan Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, turbo pada NMAX bukanlah sistem pembakaran paksa yang mampu menambah tenaga mesin dari knalpot mobil.

Sebaliknya, performa mesin ditingkatkan melalui teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT) untuk mesin terbaru VW Blue Core 155cc. NMAX Turbo memiliki keluaran tenaga maksimal 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6.500 rpm. 

Performa mesin barunya juga ditingkatkan dengan teknologi terbaru YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional atau rollerless. Artinya fungsinya digantikan oleh komponen elektronik yang pengoperasiannya fleksibel dan membantu akselerasi sesaat.

YECVT jadi kuncinya. Fungsi roller yang biasa terdapat pada CVT konvensional untuk menggerakkan puli primer digantikan motor penggerak sehingga pergerakannya bisa diatur, kata Anton Widiantoro usai peluncuran, Rabu. ” 12 Juni 2024.

“Bisa kita paksa agar berputar lebih cepat. Kalau roller biasa itu menggunakan gaya sentrifugal, maka roller itu bisa menyusut seiring pemakaian, jadi ada masa penggantiannya. Dengan mesin penggerak ini, roller tidak lagi harus berjalan lebih cepat. Makanya ada perasaan turbo, lanjutnya.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, NMAX “TURBO” memiliki fungsi riding mode yang menyediakan dua mode berkendara: H-mode (city commuting) dan S-mode (sports touring). Kedua mode tersebut dioperasikan melalui tombol “mode” di bagian depan roda kemudi kiri.

Selain riding mode, ada juga fungsi Y-Shift mode yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah kemudi kiri. Ada tiga level: rendah (1), sedang (2) dan tinggi (3).

“Untuk mesinnya kita pakai Blue Core terbaru, jadi sebenarnya kita pakai VVA 155 cc. Lexi LX tenaga dan torsinya sama, mesin dasarnya sama, dan YECVT ditambah dan dikendalikan oleh TCU (Transmission Control Unit). ) ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *