Mobil Listrik Mewah Kian Ramai, Pilih Mana Mercedes-Benz EQE SUV vs BMW iX

JAKARTA: Sejalan dengan rencana pemerintah menggalakkan era elektrifikasi di Indonesia, beberapa produsen mobil menawarkan beragam pilihan mobil listrik di pasar Indonesia.

Pilihan harga mobil listrik bervariasi, ada yang mulai dari Rp 100 jutaan, ada pula yang dijual hingga miliaran rupiah.

Mobil listrik bernilai miliaran ini menawarkan teknologi ultracanggih serta desain mewah dan elegan.

Baru-baru ini pabrikan asal Jerman Mercedes-Benz memperkenalkan kendaraan listrik terbarunya yang diberi nama SUV Mercedes-Benz EQE.

Model ini mengisi segmen mid-size SUV (Sport Utility Vehicle) dan akan bersaing langsung dengan BMW iX. Dimana kedua mobil ini didatangkan seluruhnya atau seluruhnya dari Jerman.

Keduanya masuk dalam kategori mobil listrik mewah dengan berbagai keunggulan performa. Namun terdapat perbedaan detail antara SUV BMW iX dan Mercedes-Benz EQE.

BMW iX memiliki dimensi lebih besar yakni panjang 4.953 mm x 1.967 mm x tinggi 1.595 mm. Sedangkan Mercedes-Benz berukuran panjang 4.863mm x lebar 2.141mm x tinggi 1.685mm.

Dari segi fitur keselamatan, SUV Mercedes-Benz EQE memiliki teknologi lampu depan digital; Sistem Pra-Aman; Dilengkapi dengan 7 airbag termasuk airbag samping dan lutut Pre-Safe Impulse serta airbag jendela.

Kemudian cruise control adaptif untuk mengurangi risiko kecelakaan; Ia memiliki bantuan penjaga jalur dan sistem pengereman darurat otomatis.

Untuk BMW iX; Mobil listrik ini memiliki Adaptive Cruise Control dan Lane Keeping Assist, sama seperti SUV Mercedes-Benz EQE.

Tidak hanya itu, Untuk berpindah jalur pada kendaraan ini, bantuan parkir, penolong punggung peringatan tabrakan; Ia memiliki bantuan rem darurat dan fungsi lainnya.

Di dalam Head unit BMW iX lebih besar 14,9 inci di konsol tengah dan Apple CarPlay; Ia berfungsi sebagai sistem infotainment dengan konektivitas Android Auto dan BMW Intelligent Personal.

Sedangkan SUV Mercedes-Benz EQE memiliki head unit layar sentuh berukuran 12,8 inci dengan sistem MBUX serta fitur nirkabel Apple Car Play dan Android Auto.

Sedangkan untuk mesinnya, SUV Mercedes-Benz EQE dibekali dua motor listrik yang mampu menggerakkan seluruh roda (all wheel drive).

Mobil listrik ini menghasilkan tenaga 292 hp dan torsi puncak 765 Nm dengan baterai 90 kWh, berakselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,6 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 220 km/jam. .

Untuk BMW iX di Indonesia, mobil listrik ini diproduksi dalam dua versi, yakni BMW iX xDrive40 dan xDrive50. Kedua tipe ini memiliki performa berkendara yang berbeda.

BMW iX xDrive40 ditenagai motor listrik bertenaga 326 hp dan torsi 630 Nm. Sementara itu, Versi xDrive50 terbaru punya tenaga hingga 523 HP dan torsi 765 Nm.

Dari segi harga, mobil listrik SUV Mercedes-Benz EQE lebih mahal dibandingkan BMW iX.

Sekadar informasi, SUV Mercedes-Benz EQE dipasarkan dengan harga Rp 2,85 miliar. Sedangkan BMW iX dijual mulai Rp 2,48 miliar hingga Rp 2,62 miliar. Semua harga adalah street di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *