Selain Susu, 6 Buah Ini Memberikan Manfaat Jaga Kesehatan Tulang

VIVA Lifestyle – Susu membantu menjaga kepadatan tulang dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Dimulai dengan mendukung proses pembentukan dan pemeliharaan tulang.

Menjaga kesehatan tulang merupakan faktor penting bagi berbagai kelompok umur. Langkah ini merupakan investasi untuk masa depan. Tulang yang kuat membantu tubuh tetap aktif dan sehat, kuat dan sehat, sehingga menunjang aktivitas dan kualitas hidup karena bebas rasa sakit.

Selain mengonsumsi susu sebagai sumber kalsium yang cukup, berbagai jenis buah-buahan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tulang, serta membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian sebesar 1000 mg. Berikut penjelasannya dikutip dari Times of India.

Buah-buahan untuk menjaga kesehatan tulang

1. Gambar Kering

100 gram buah ara kering mengandung 160 miligram kalsium. Menurut Journal of American College of Nutrition, buah dengan rasa manis ini berperan dalam memperkuat tulang serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Meski manis, namun jumlah gulanya tidak mempengaruhi kesehatan tubuh.

2. Jeruk 

Tahukah Anda kalau buah yang dikenal kaya akan vitamin C ini juga bisa berkontribusi untuk kesehatan tulang. 100 gram jeruk mengandung 45-50 miligram kalsium. Selain itu, jeruk juga kaya akan antioksidan dan serat yang membantu dalam menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi buah jeruk secara teratur meningkatkan mineralisasi tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

3. Aktinida

Kiwi mengandung 34 mg per 100 gram. European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa kalsium dan vitamin K pada buah eksotik ini berperan penting dalam kepadatan tulang secara keseluruhan dan menjaga kesehatan tulang. Anda bisa menikmati kiwi dengan memakannya begitu saja, membuat smoothie, atau menjadikannya salad yang lezat.

4. Pepaya 

Pepaya dikenal sebagai “obat alami” untuk mengatasi sembelit karena mengandung enzim papain yang membantu menormalkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, pepaya juga memiliki sekitar 20 miligram kalsium per 100 gramnya. Kalsium dan nutrisi lain dalam pepaya dipercaya dapat mendukung kesehatan tulang sekaligus melindungi dari berbagai penyakit tulang seperti nyeri dan pengeroposan.

5. Jeruk Nipis

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa jeruk nipis memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Buah asam ini mengandung 33 mg kalsium per 100 gramnya. Peran kalsium adalah menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang menunjang kebugaran.

6. Tanggal

Kurma kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kurma juga mengandung vitamin K dan boron yang penting untuk kesehatan tulang.

Kombinasi susu dan buah-buahan kaya kalsium dapat mengoptimalkan perlindungan tulang. Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium lebih optimal. Mengonsumsi buah-buahan yang bervariasi bertujuan untuk mencapai manfaat kesehatan yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *