Temui Jenderal Maruli, KSAD Filipina Ingin Perkuat Kerjasama Hadapi Tantangan Keamanan Asia Tenggara

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini menerima kunjungan kehormatan atau courtesy call dari Panglima Angkatan Darat Filipina atau Kasad Filipina Letjen Roy Kalito di Mabes Militer TNI ( Mabesad) di Jakarta Pusat hari ini.

Kedatangan Letjen Roy Kalido dan rombongan disambut langsung oleh orang nomor satu di Mabes TNI dan memberikan penghormatan kepada prajurit TNI AD.

Kunjungan Panglima TNI ini merupakan bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral antara militer Indonesia dan Filipina. 

Panglima TNI Jenderal Maruli Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas kunjungan kehormatan dan kerja sama selama ini.

Dalam pertemuan kedua pemimpin militer ASEAN tersebut, mereka kembali membahas berbagai bentuk kerja sama keduanya. Diantaranya adalah kerja sama militer, keamanan regional, serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas setiap prajurit melalui program pertukaran pendidikan tingkat perwira. 

“Kami sangat mengapresiasi hubungan baik antara TNI dan Filipina. Pertemuan ini menjadi inspirasi untuk mempererat kerja sama kita ke depan,” kata KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak dalam keterangan resminya kepada VIVA Militer, Rabu. , 10 Juli 2024.

Oleh karena itu, Letjen Roy Kalido menegaskan komitmennya untuk terus menjaga hubungan dengan TNI agar tetap erat dan harmonis seperti saat ini. 

Panglima Angkatan Darat Filipina juga meyakini kunjungannya ke Indonesia akan menjadi landasan kokoh bagi peningkatan koordinasi dan kerja sama kedua negara guna mengatasi tantangan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

“Kami (militer Filipina) berharap dapat meningkatkan kerja sama (dengan militer Indonesia) di berbagai bidang, termasuk latihan militer gabungan dan pertukaran personel untuk meningkatkan profesionalisme angkatan bersenjata kedua negara,” kata Roy Kalido.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *