Segini Konsumsi Daya Baterai Baru Mobil Listrik Neta V-II Dipakai Jakarta-Bandung

Jakarta, 9 Juli 2024 –  Neta V-II yang baru saja diluncurkan di Indonesia mengalami banyak perubahan dibandingkan model sebelumnya; Salah satunya adalah baterai. Redaksi VIVA Automotive berkesempatan menguji efisiensi baterai mobil ramah lingkungan ini.

Neta V-II merupakan mobil listrik dalam negeri pertama yang menggunakan pabrik PT Handal Indonesia Motor yang berlokasi di Pondok Ung, Bekasi, Jakarta Barat. Transisi nol emisi bergantung pada baterai litium ferrofosfat, atau LFP.

Memiliki daya 36,1 kWh, perkiraan jangkauan 401 kilometer dan mendukung sistem pengisian cepat bernama DC CCS2. Hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi baterai dari 30 persen hingga 80 persen.

Sedangkan Neta V sebelumnya memiliki tenaga 40,7 kWh dan jangkauan 384 km menurut pengujian NEDC. Motor listrik Neta V-II menghasilkan tenaga sebesar 70 kW atau setara dengan 93 tenaga kuda dan torsi 150 Nm yang cukup untuk pergerakan cepat di jalan perkotaan dan pedesaan.

VIVA akhirnya berkesempatan menguji efisiensi baterainya. Pengujian dimulai pada Selasa, 9 Juli 2024, di pedagang Neta Kelapa Gading, Jakarta Utara, dalam perjalanan menuju sebuah hotel di kawasan Cihampelas, Bandung.

Pada outputnya, kesehatan baterai terpantau 98 persen. Perjalanan dimulai dari tol, namun VIVA dan teman-teman jurnalis sempat beristirahat di rest stop Cipularang yang berjarak 72 KM.

Saat ini kendaraan telah menempuh jarak 66,7 km, sedangkan sisa baterai berada di angka 71 persen. Perjalanan dilanjutkan hingga tujuan, sehingga menempuh total jarak tempuh 131,6 km. 

Saat kami sampai di lokasi yang ditentukan, baterainya masih tersisa 42 persen. Dalam kondisi seperti ini, V-II masih dapat menempuh jarak 100 mil (167 km) lagi sebelum baterainya benar-benar habis.

Sekadar informasi, gaya berkendara Neta V-II biasa saja tanpa ada rasa tidak nyaman. Kondisi lalu lintas juga cukup normal dan total kendaraan yang berada di dalam kendaraan berjumlah 4 orang.

Neta V-II juga dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Di sini dilengkapi dengan sistem berkendara cerdas dengan 9 fungsi advanced driver assistance system (ADAS).

Ini; peringatan tabrakan ke depan (FCW), pengereman darurat otomatis (AEB), peringatan start kendaraan (FSA), kontrol jelajah adaptif kecepatan penuh (ACC), bantuan kemacetan lalu lintas (TJA), bantuan mengemudi terintegrasi (ICA), Lane Departure Warning (LDW) ) ), Sistem Pelacakan Jalur Darurat (ELKS) dan High Beam Assist (HBA).

“Media test drive ini merupakan kesempatan bagi kami NETA Indonesia untuk memberikan pengalaman berkendara langsung dengan NETA V-II dan mengeksplorasi segala fitur canggih dan inovatif bagi rekan-rekan media,” ujar Jerry Huang, General Manager NETA Auto Indonesia.

“NETA V-II tidak hanya menawarkan kenyamanan dan keselamatan, tetapi juga pengalaman berkendara yang modern dan menyenangkan. Fitur keselamatan canggih sangat berguna terutama di jalan tol dan di kawasan padat,” lanjutnya.

Neta V-II tersedia on-road di Jakarta dengan harga Rp 299.000.000 menjadikan mobil ini pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *