Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

VIVA – Rumah lelang Aguttes akan melelang sepotong sejarah sepak bola dunia, yaitu Piala Bola Emas Diego Maradona (1960 – 2020) yang diberikan kepada pemain terbaik Meksiko di Piala Dunia 1986. Lelang akan berlangsung di Aguttes-Neilly- Lelang Internasional sur-Seine, Paris, Prancis, 6 Juni 2024. 

Trofi tersebut merupakan penghargaan individu yang diberikan kepada Maradona, ketika ia menjadi kapten Argentina dan memimpin timnya meraih kemenangan di Piala Dunia dan mencetak ‘Gol Abad Ini’ dan gol ‘Tangan Tuhan’ yang terkenal ke gawang Inggris di kuarter keempat. – akhir. 

Jorge Burruchaga, rekan setim Diego Maradona di Argentina dan pencetak gol kemenangan di Piala Dunia 1986, mengatakan, “Di Piala Dunia 1986, Diego bersinar tidak seperti sebelumnya atau sejak itu dalam hidupnya; ini adalah monumennya. Kami tahu kami mempunyai pemain-pemain terbaik di dunia, tidak ada keraguan mengenai hal itu, kami tahu itu dengan pasti.

“Kenangan favorit saya di Piala Dunia ini adalah gol kedua yang dia cetak ke gawang Inggris, dan itu tetap menjadi gol terindah dalam sejarah bagi saya karena Anda harus memiliki posisi di lapangan, tinggi badan, konteks negara yang sama, dan memikirkan apa yang akan terjadi. telah selesai… Dia melewati enam pemain. Hari itu, dia menciptakan warisan abadi bagi seluruh atlet dan wanita Argentina, tidak hanya pemain, tetapi juga menunjukkan apa yang harus diperjuangkan untuk mengenakan jersey Argentina.

Diego Armando Maradona dinobatkan sebagai “Pemain Abad ke-20” oleh FIFA, bersama dengan Pelé, dan trofi ini mewakili pencapaian dan tujuan terbesarnya.

Sejak Piala Dunia FIFA 1982, Piala Bola Emas Adidas telah dianugerahkan kepada pemain terbaik turnamen tersebut, menjadikannya salah satu penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola.

Maradona menerima trofi Adidas Ballon d’Or sebagai pemain terbaik Piala Dunia di Lido, Paris, Prancis, pada 13 November 1986. 

Ini adalah karya unik dalam sejarah sepak bola, sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemain paling ikonik dalam sepak bola, bersama dengan Pelé, dan merupakan yang pertama di pasar seni. Sejauh ini belum ada trofi Adidas Golden Ball yang pernah dilelang. Museum FIFA (Zurich, Swiss) memiliki Adidas Ballon d’Or sejak tahun 1990.

Meskipun Bola Emas Adidas berganti desain di setiap Piala Dunia, piala tahun 1986 menggunakan desain bola resmi Adidas “Azteca” yang digunakan untuk Piala Dunia di Meksiko.

Dalam lelang baru-baru ini, kaos yang dikenakan Diego Maradona saat pertandingan Piala Dunia 1986 melawan Inggris dikatakan terjual sekitar $7 juta. 

Mantan pemain Inggris Steve Hodge menjual trofi yang ia tukarkan dengan kaos Maradona setelah pertandingan klasik Piala Dunia saat Maradona mencetak gol ‘Tangan Tuhan’ dan ‘Gol Abad Ini’. Trofi Bola Emas Adidas melambangkan dan menandai seluruh sejarah.

François Thierry, pakar olahraga di Rumah Lelang Aguttes, mengatakan, “Kata legenda Diego Maradona sangat tepat. 

Thierry mengatakan Maradona menyukai sepak bola seperti Muhammad Ali menyukai tinju atau Michael Jordan menyukai bola basket. Mereka adalah ikon yang mendobrak batas-batas olahraga mereka. 

“Dia benar-benar salah satu atlet paling manusiawi yang pernah kita kenal, dengan kekuatan dan kelemahannya. Anak emas “El Pibe de Oro” yang juga dikenal sebagai “Dewa sepak bola” adalah kasus khusus dalam sejarah sepak bola dunia, bakat yang unik dan bawaan, dalam karier yang secemerlang kesuksesan dan kepentingan. Sejarah sepak bola dengan huruf kapital H erat kaitannya dengan Maradona, ”ujarnya.

“Dia benar-benar salah satu atlet paling manusiawi yang pernah kita kenal, dengan kekuatan dan kelemahannya. Anak emas “El Pibe de Oro” juga dikenal sebagai “Dewa sepak bola” adalah kasus khusus dalam sejarah dunia. sepak bola, a bakat alami dan bawaan, dalam profesi yang penuh visi dengan kesuksesan dan keunggulan, sejarah sepak bola dengan huruf H besar terkait erat dengan Maradona, “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *