7 Manfaat Jalan Kaki Mundur, Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

VIVA Lifestyle – Mudik seringkali dianggap sebagai hal yang lucu untuk dilakukan. Menurut Health Shots, berjalan mundur memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan dengan cepat. 

Jalan kaki telah menjadi aktivitas fisik yang dipopulerkan banyak orang seperti lari. Selain menjaga kesehatan tubuh, kedua aktivitas olahraga ini juga bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin dan terus menerus.

Karena fungsinya yang hampir sama, banyak orang yang lebih memilih jalan kaki dibandingkan lari. Berlari memerlukan teknik tertentu agar tidak mudah lelah dan terancam bahaya. 

Anda bisa mencoba berjalan mundur sebagai variasi latihan agar tidak bosan dengan latihan yang itu-itu saja. Kegiatan ini juga mempunyai tingkat kesulitan tertentu sehingga lebih sulit. Pasalnya, kamu harus mempunyai insting agar tidak membentur benda tersebut dan terjatuh ke belakang. 

Manfaat retret

1. Meningkatkan keseimbangan

Berjalan mundur melatih dan meningkatkan keseimbangan karena memerlukan koordinasi yang baik untuk dapat mengambil langkah tanpa terjatuh. Pasalnya, tidak semua lokasi memiliki permukaan datar. Batu kecil sekalipun bisa menyebabkan kita terjatuh jika kita tidak memiliki keseimbangan yang baik.

2. Menguatkan otot kaki

Jalan mundur merupakan salah satu alternatif latihan untuk menguatkan otot-otot tubuh. Berjalan mundur membantu memperkuat otot-otot di seluruh tubuh, terutama kaki dan otot inti. Jalan mundur berfokus pada melatih otot paha depan, paha belakang, dan betis dengan lebih intens dibandingkan jalan biasa. Ini membantu memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. 

3. Meningkatkan koordinasi tubuh dan pikiran

Berjalan mundur “memaksa” otak untuk fokus pada setiap langkah. Meningkatkan kesadaran otak untuk melatih koordinasi otak-tubuh dengan lebih baik. Jika dilakukan secara konsisten dapat meningkatkan koordinasi otak dan kaki. 

4. Mengurangi sakit punggung

Berjalan mundur dapat mengurangi nyeri pinggang karena efeknya dapat memperbaiki postur tubuh. Dimana latihan ini memperkuat otot-otot yang menopang tulang belakang. Hal ini mempengaruhi kesejajaran tubuh dan mengurangi stres pada punggung bagian bawah.

5. Membakar lebih banyak kalori

Berjalan mundur akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan jalan cepat. Pasalnya, berjalan mundur membutuhkan usaha lebih untuk menyinkronkan setiap langkah dan konsentrasi penuh. Nah, jika dilakukan secara rutin, olahraga unik ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

6. Mengurangi risiko nyeri lutut

Salah satu akibat olahraga adalah nyeri lutut. Pada saat yang sama, berjalan mundur dapat mengurangi tekanan di dalam lutut yang diperburuk oleh intensitas aktivitas yang berlebihan atau kesalahan dalam melakukan gerakan olahraga. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan sendi dan lutut untuk memperbaiki kondisinya. Namun, kehati-hatian harus dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *