Nasib Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade Usai Dihajar Uzbekistan

VIVA – Timnas U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan 0-2 dari Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia AFC 2024 pada Senin, 29 April 2024 di Stadion Abdul Bin Khalifa di Doha, Qatar.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia tidak diperkuat penyerang utama Rafael Struik akibat akumulasi kartu kuning.

Bahkan, Garud Muda juga kehilangan kapten tim Rizky Ridha yang mendapat kartu merah pada menit ke-82 usai melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jalalidinova. Ridho tidak akan mengikuti perebutan tempat ketiga.

Namun kekalahan tersebut tidak menyurutkan kepercayaan diri pelatih Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Ia masih sangat yakin bisa meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 bersama Indonesia.

Garuda Muda masih berpeluang lolos ke Olimpiade setelah finis ketiga di Piala Asia U23 2024. Jika kalah di perebutan tempat ketiga, Indonesia masih punya satu peluang terakhir untuk memenangi laga play-off antar konfederasi. 9 Mei 2024 melawan wakil Afrika, Guinea.

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia tampil maksimal saat melawan Uzbekistan. Meski demikian, ia mengakui Uzbekistan bermain lebih baik pada laga kali ini.

“Pertama-tama, saya mengapresiasi upaya baik para pemain. Saya pikir Uzbekistan bermain bagus dan berusaha dengan baik. Ada sesuatu yang membuatku sedikit malu, tapi aku tidak ingin menyebutkannya,” ujar Shin Tae Young.

“Uzbekistan masih tim yang kuat, jadi saya ucapkan selamat kepada timnas Uzbekistan. Kami masih punya peluang untuk lolos ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk seleksi ke Olimpiade,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-young menambahkan, para pemainnya sepertinya sudah kehilangan kepercayaan diri. Padahal, dalam tiga laga sebelumnya, Garud Muda tampil sangat impresif mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1), dan Korea Selatan (2-2, 11-10 melalui adu penalti).

“Saya pikir para pemain gugup sebelum pertandingan dimulai. Itu mempengaruhi tim kami untuk tidak bermain bagus. “Secara keseluruhan, kami bisa bermain sebaik pada pertandingan sebelumnya,” kata Shin Tae-young.

Pada perebutan tempat ketiga, Timnas Indonesia akan bertemu dengan Irak yang mengalahkan Jepang 0:2. Laga Indonesia kontra Irak digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa Doha pada Kamis (5/2), pukul 22.30 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *