Rumah Kreatif untuk Kreator dan UMKM Diluncurkan

VIVA Tekno – TikTok bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) dan dukungan Kementerian BUMN meluncurkan “TikTok | Aya teka-teki! Rumah Kreator” di Jakarta.

Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung para kreator dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menciptakan konten yang inspiratif dan bermanfaat.

Peluncuran ini disambut baik oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Ia menegaskan, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar, dan diprediksi pada tahun 2030 akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

“Dengan potensi pertumbuhan yang besar, kami berharap platform digital dapat dimanfaatkan secara merata, khususnya oleh generasi muda, untuk membuka lapangan kerja yang dapat melahirkan wirausaha muda baru,” ujarnya di kawasan Kota Tua. Jakarta Utara, Rabu 10 Juli 2024.

Sarana kreatif bagi kreator dan UMKM

Faizal R. Djoemadi, Direktur Utama PT Pos Indonesia, mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk nyata dukungan Pos Indonesia terhadap kemajuan UMKM dan industri kreatif di Indonesia.

“Dan kami yakin para kreator dan UMKM mempunyai potensi luar biasa untuk menjadi penggerak perekonomian dan membawa perubahan positif bagi bangsa.” TikTok | Cukup Posting! “House of Creators hadir sebagai ruang dinamis yang akan menghubungkan para kreator, UMKM, dan komunitas lokal untuk berkolaborasi, mengembangkan ide kreatif, dan menciptakan konten yang menginspirasi,” kata Faizal.

Rumah kreatif ini menawarkan berbagai fasilitas gratis, antara lain: Content Creation Corner: Ruang khusus untuk membuat konten TikTok. UMKM Corner (Livestream Area): Area live streaming dan presentasi produk UMKM di ShopTokopedia. Wall of Impact: Ulasan kisah inspiratif dari para kreator dan UKM. Lokakarya: Ruang untuk lokakarya, diskusi, dan acara peluncuran. TikTok Music Corner: Area interaktif untuk merasakan fitur-fitur musik TikTok.

Anggini Setiawan, Direktur Komunikasi TikTok Indonesia, mengatakan TikTok terus menciptakan ruang berekspresi dan kolaborasi antara kreator, UMKM, dan masyarakat. 

“Melalui TikTok | Aya teka-teki! Creator House, kami berharap dengan banyaknya konten yang ditawarkan dapat mendorong lahirnya kreator-kreator baru, serta konten-konten kreatif yang tidak hanya menghibur, namun dapat memberikan nilai tambah bagi komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia. Tak lupa, kami juga ingin mengajak masyarakat untuk “mengunjungi ‘Website Dampak TikTok Indonesia’ agar terinspirasi untuk melakukan perubahan positif dari kisah-kisah komunitas TikTok yang sukses memanfaatkan TikTok untuk menebar kebaikan,” ujarnya. . 

Sebagai bagian dari inisiatif ini, TikTok juga meluncurkan “Situs Dampak TikTok Indonesia”. Website ini merangkum berbagai dampak positif yang dihadirkan oleh komunitas TikTok dan mendorong masyarakat untuk turut serta menciptakan perubahan positif.

Website ini menampilkan kisah inspiratif dari berbagai kreator dan UMKM di Indonesia, seperti tim Bumantara asal Sumatera yang peduli lingkungan dan Cave.id, UMKM yang sukses memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan produk lokal berkualitas.

Selain itu, “Website TikTok Indonesia Impact” juga menyoroti program pemberdayaan seperti: TikTok Jalin Nusantara: Mendukung UMKM di 19 sentra ekonomi kreatif dan destinasi pariwisata di Indonesia. #MelocalWithBatik: Memberikan akses pinjaman modal usaha dan teknologi untuk mendukung produksi batik. Belanja lokal: Kampanye di aplikasi TikTok dan Tokopedia untuk memperluas jangkauan UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Rumah kreatif ini berlokasi di Kantor Pos Kota Tua, Jakarta Barat, dan buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Informasi tambahan dapat diperoleh berdasarkan permintaan TikTok dan di situs TikTok Impact Indonesia di www.tiktokimpact.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *