Menu Berbasis Nabati, Pendekatan Baru Mengatasi Krisis Iklim

VIVA Lifestyle – Isu perubahan iklim menjadi semakin mendesak, terutama di sektor ketahanan pangan negara-negara rentan seperti Indonesia. Perubahan suhu, cuaca ekstrem, dan pola curah hujan yang tidak menentu mengancam keberlanjutan produksi pangan. Untuk mengatasi masalah ini, Nutrition Tomorrow menawarkan menu berkelanjutan gratis kepada lembaga-lembaga publik di Indonesia sebagai strategi efektif untuk mengurangi jejak karbon mereka.

“Untuk memerangi perubahan iklim, kita perlu memperkenalkan pola makan ramah iklim dan mengubah sistem pangan. Inisiatif kami mengusulkan penerapan menu nabati berkelanjutan di lembaga-lembaga publik seperti sekolah, universitas, dan komunitas dengan bantuan ahli gizi profesional. “Semua layanan ini gratis – gratis,” kata Yohana Sadeli, direktur eksekutif Feeding Tomorrow, kemitraan antara Friends of Animals Jogja dan LSM internasional Sinergia Animal. Gulung lagi, oke?

Sejak didirikan pada tahun 2021, Nutrition Tomorrow telah berhasil menjalin 15 kali kerjasama dengan berbagai organisasi di Indonesia. Inisiatif ini memberikan dukungan dan panduan gratis kepada pemilik bisnis makanan dan organisasi nirlaba untuk mengganti produk hewani dengan alternatif nabati. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kesehatan, namun juga mengurangi dampak terhadap lingkungan. 

Tomorrow’s Meals berpotensi menghasilkan 300.000 makanan yang 100% berbahan nabati setiap tahunnya. Program ini mengklaim bahwa perubahan menu ini dapat membantu organisasi mempertahankan atau bahkan mengurangi biaya.

“Mulai tahun ini, Gizi Esok Hari juga memperluas programnya untuk Posyandu dan perusahaan kateringnya, yang bertujuan untuk menyediakan makanan lezat kaya protein dengan menggunakan protein nabati lokal untuk masyarakatnya,” tambah Yohana.

Beberapa penerima manfaat program ini adalah Dreama Kitchen dan Rella’s Kitchen, dua perusahaan katering di Jepitu dan Kemadang, Gunungkidul.

Perserikatan Bangsa-Bangsa merilis studi tentang perubahan iklim pada awal tahun 2024, dengan ketahanan pangan sebagai tantangan utama. Bencana cuaca dan iklim ekstrem mempengaruhi siklus panen dan pertanian di negara-negara Asia, menyebabkan harga lebih tinggi dan kelaparan meningkat.

“Kita bergantung pada sistem pangan yang tidak mencukupi untuk menghasilkan pangan, terlalu bergantung pada protein hewani, penghasil emisi CO2 dan gas rumah kaca yang besar. Peternakan dan perikanan menyumbang 61 persen emisi pertanian – pasokan lain tidak termasuk rantai – namun hanya menyumbang 37% protein dan 18% kalori yang dikonsumsi di seluruh dunia,” jelas Yohana.

Menurut laporan Komisi EAT-Lancet, sistem pangan yang memenuhi tujuan ekologi dan nutrisi terdiri dari lebih dari 90% makanan nabati.

“Kami memulai salah satu perdebatan paling penting mengenai isu iklim, meningkatkan kesadaran tentang dampak pilihan pangan dan mendorong perubahan yang diperlukan di lembaga-lembaga nasional kita. Kami menyerukan kepada lembaga-lembaga dan pemerintah daerah di Indonesia untuk bergabung dalam upaya ini, dengan penuh inspirasi. dari Cali, dan “Chaparral di Kolombia membawa program kami ke sana,” kata Yohana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *