Sebelum Gabung Manchester City, Han Willhoft-King Sempat Ditantang Ketua Umum PSSI Erick Thohir

VIVA – Gelandang Indonesia Han Willhoft-King dikabarkan akan bergabung dengan Manchester City. Hal itu terjadi setelah kontraknya dengan Tottenham Hotspur berakhir pada Juni 2024.

Pakar transfer sepak bola Eropa Fabrizio Romano mengatakan Han Willhoft-King telah ditawari kontrak berdurasi dua tahun. Artinya, dia akan berada di Etihad Stadium hingga usianya dua puluh tahun.

Ayah Willhoft-King berasal dari Jakarta dan keluarga besarnya dikabarkan tinggal di Yogyakarta. Ia merupakan pemain Diaspora dan sempat masuk radar PSSI saat Erick Thohir mencari pemain tetap Timnas U-17 Indonesia pada 2023. 

Saat itu, Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti sedang bersiap menghadapi Piala Dunia U-17 2023, namun Willhoft-King tidak bisa mewakili timnas Indonesia karena orang tuanya tidak memiliki paspor Indonesia. 

Oleh karena itu, harus mengambil jalur kreatif untuk membela timnas Indonesia seperti Thom Haye, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen. 

Khususnya, Willhoft-King dipanggil ke skuad Inggris U-16 tetapi tidak bermain, seperti dilansir Transfermarkt. Menurut sumber yang sama, hal itu juga dapat melindungi Jerman. 

Maka dari itu, peluangnya membela Timnas Indonesia akan kecil jika Willhoft-King bersinar untuk Manchester City dan menarik perhatian dua negara besar tersebut. 

General Manager PSSI Erick Thohir pernah berkata soal pemain berusia 18 tahun itu dalam jumpa pers Agustus 2023. Erick menantang Willhoft-King untuk berani melakukan naturalisasi jika memang ia punya hati merah putih.

“Jika hati [Han Willhoft-King] berwarna merah dan putih, datanglah ke sini. “Masalah naturalisasi bisa kami urus asal hati mau bermain di sini [Indonesia],” kata Erick seperti dilansir Instagram resmi PSSI. 

Willhoft-King bermain untuk Tottenham Hotspur U18 musim ini, membuat total 41 penampilan di semua kompetisi, mencetak empat gol.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *