Bolehkah Mengorbankan Kebutuhan Sendiri Demi Pasangan?

VIVA – Rasa cinta yang mendalam terhadap pasangan seringkali menjadi motivasi kita untuk membantu pasangan dalam segala hal, membantu pasangan adalah hal yang wajar dan menunjukkan kematangan emosi dan komitmen dalam suatu hubungan.

Penting untuk diingat bahwa membantu pasangan bukan berarti menjadi satu-satunya sumber dukungan dan mengabaikan kebutuhan Anda sendiri. Dengan sering mengorbankan kebutuhan pribadi demi pasangan, kita bisa kehilangan diri sendiri dan kehilangan keseimbangan dalam hidup.

Bersikap suportif dan memperhatikan kebutuhan pasangan Anda adalah bagian penting dari hubungan yang sehat, namun hal ini tidak harus mengorbankan pengorbanan terus-menerus.

Seorang psikolog klinis bernama Dr. Harriet Lerner mengatakan penting untuk mencapai keseimbangan antara menafkahi diri sendiri dan pasangan.

“Kunci hubungan yang sehat adalah belajar menghargai dan menghormati kebutuhan Anda sendiri dan kebutuhan pasangan.” Dalam buku Lerner “The Dance of Anger,” Dr.

Dr. Sue Johnson juga berkomentar tentang mengorbankan kebutuhannya sendiri demi kebutuhan pasangannya. Dalam hal membantu pasangan Anda, empati dan pengertian harus menjadi dasar dari hubungan yang sehat, katanya.

“Membantu pasangan adalah bagian penting dari hubungan yang mendukung, namun harus dilakukan dengan pemahaman dan kepedulian terhadap kebutuhan satu sama lain.” kata dokter. Johnson dalam Hold Me Tight: Tujuh Percakapan untuk Cinta Seumur Hidup.

Membantu pasangan tanpa mengorbankan diri sendiri bisa dilakukan dengan menjaga komunikasi tetap terbuka. Perjelas siapa Anda dan apa yang tidak dapat Anda lakukan.  Jika Anda merasa kewalahan atau tidak mampu membantu, jujurlah.

Anda juga perlu memahami kebutuhan dan keterbatasan pribadi Anda. Tanpa memahami hal ini, sulit untuk menentukan kapan harus membantu dan kapan harus berjuang sendiri. Sadarilah bahwa menetapkan batasan adalah bentuk perawatan diri yang sangat penting. Hargai diri Anda sendiri karena telah berusaha membantu pasangan Anda tanpa mengorbankan diri sendiri.

Cara lainnya adalah dengan mencari solusi bersama pasangan dan memberikan waktu masing-masing untuk mengurus kebutuhannya sendiri. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat memberikan dukungan yang signifikan kepada pasangan Anda dengan tetap menjaga keseimbangan dan kesehatan pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *