Menguak Khasiat Pepaya untuk Kecantikan, Benarkah Bisa Mencerahkan Kulit?

VIVA Lifestyle – Pepaya bukan hanya buah tropis yang lezat, tapi juga memiliki khasiat kecantikan alami. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung enzim papain. 

Pepaya dipercaya memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit secara alami. Apa sebenarnya manfaatnya dan bagaimana cara terbaik memanfaatkannya dalam perawatan kecantikan? Gulir untuk mengetahui lebih lanjut, yuk!

Dilansir The Bombay Skin Clinic, pepaya memiliki banyak khasiat penyembuhan, pemutihan, dan pengelupasan kulit sehingga bermanfaat untuk kecantikan alami. Buah ini juga mengandung sifat anti inflamasi, seperti dilansir Journal of Immunotoxicology. Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

Berikut penjelasan lebih detail mengenai manfaat pepaya untuk kulit dan cara penggunaannya:

1. Mencerahkan kulit

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga membantu membersihkan kulit dan memberikan efek lebih bercahaya. 

2. Menyamarkan noda dan jerawat

Kandungan enzim papain pada pepaya juga dapat membantu regenerasi kulit sehingga menyembunyikan noda atau jerawat. 

3. Melembabkan kulit

Pepaya mengandung banyak air dan nutrisi yang membantu menjaga kelembapan kulit.  

4. Mengurangi kemerahan

Enzim papain dan vitamin C pada pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi kemerahan pada kulit akibat peradangan.

5. Anti Penuaan

Vitamin A, C, dan E pada pepaya membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, sehingga membantu menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. 

Cara Menggunakan Pepaya untuk Kulit:

Anda bisa menggunakan pepaya sebagai masker. Caranya, haluskan daging pepaya yang sudah matang dan gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker ini membantu meremajakan kulit. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat scrub pepaya. Caranya, campurkan daging pepaya yang dihaluskan dengan gula atau sedikit oatmeal untuk membuat scrub alami. Pijat lembut campuran ini ke kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit.

Berikut berbagai manfaat pepaya dan cara memanfaatkannya. Selamat pagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *