Viral di TikTok Cairan Infus Dipakai Buat Obati Jerawat, Dermatolog: Tidak Ada Gunanya

JAKARTA Belakangan ini heboh di media sosial, pemilik akun TikTok mengaku masalah wajahnya bisa disembuhkan setelah menggunakan cairan infus atau natrium klorida. Pemegang rekening membeli cairan infus dan menggunakannya sebagai toner untuk mengurangi peradangan di wajah.

Faktanya, infus ini seringkali digunakan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, terutama pada pasien rawat inap dengan masalah kesehatan serius. Cairan ini juga digunakan untuk membersihkan dan mengompres luka karena sangat bersih. Namun NACl cair tidak memberikan kelembapan yang cukup untuk melembabkan kulit. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Menanggapi masalah virus ini, dokter kulit Dr. Litya Paramita Sp.DVE, FINSDV membenarkan, tidak ada manfaat penggunaan cairan infus untuk mengatasi jerawat di wajah.

Cairan suntiknya tidak ada gunanya (mengobati jerawat). Cairan natrium klorida hanya mengandung normal saline, hanya NA dan Cl, dan tidak berpengaruh atau apa pun pada kulit, kata dr. Listia, saat kami bertemu dengannya di Jakarta baru-baru ini.

Saat bersentuhan dengan kulit, cairannya terasa menyegarkan karena sifatnya yang mendinginkan. Namun menurut dr Listia, jika hanya melihat efek mendinginkannya saja, tidak ada bedanya dengan air biasa.

Menyoroti apa yang sedang tren di media sosial saat ini, seorang dokter kulit menyarankan masyarakat untuk tidak makan mentah. Cari tahu lebih lanjut proses perawatan yang dilakukan pemegang akun untuk mengatasi masalah jerawatnya.

Tak hanya menggunakan cairan infus, Dr. Listia berpendapat, orang tersebut juga harus menggunakan produk perawatan kulit lain yang menjadi kunci mengatasi masalah jerawatnya.

“Kita lihat apa yang terjadi dengan virusnya, jangan ditelan bulat-bulat, karena mungkin saat dia pakai cairan NaCl, dia pakai pengobatan lain tapi dia tidak tunjukkan di depan kamera, mungkin itu topik yang sepertinya. membaik. padahal setelah itu minum obat yang bagus,” kata dr Listia.

“Tapi kalau hanya menggunakan natrium klorida, tidak ada pengobatannya,” tegasnya.

Cairan natrium klorida atau natrium klorida merupakan larutan garam steril yang memiliki banyak fungsi seperti pengganti cairan tubuh, penekan luka dan peradangan, obat kumur untuk kebersihan mulut, pencuci hidung, penjernih dahak, dan pelarut sediaan injeksi. Cairan ini memiliki kadar yang berbeda-beda, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya dan tidak disarankan untuk menggunakannya sendiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *