Dokter Ingatkan Tren Makanan Viral Bisa Picu Masalah Lambung, Begini Cara Atasinya

JAKARTA – Tren makanan yang sedang viral yang saat ini digemari generasi milenial dan generasi Z perlu mendapat perhatian khusus karena berdampak pada kesehatan lambung. 

Pakar nutrisi klinis, Dr. Putri Shakti Dwi Permanasari, M.Gz, SPGK, AIFO-K menyatakan konsumsi makanan pedas dan asam yang berlebihan seperti mie dengan tingkat pedas dan kukusan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung. Scroll untuk informasi lengkapnya, yuk!

“Makanan tersebut memang menggugah selera, namun dapat meningkatkan risiko terjadinya maag atau radang lambung,” kata dr Putri seperti dikutip dalam keterangannya, Rabu, 10 Juli 2024. 

Selain makanan pedas, dr Putri juga menyoroti kebiasaan makan cepat saji yang sering dilakukan generasi muda saat sedang sibuk. Makan terlalu cepat akan meningkatkan produksi asam lambung yang berujung pada gangguan pencernaan masalah perut. 

“Stres juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan lambung. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan kondisi seperti GERD atau maag,” ujarnya. 

Untuk mencegah komplikasi serius akibat gangguan lambung, dr. Putri menyarankan segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami gejala seperti kembung, mual, muntah, atau nyeri ulu hati. 

“Cobalah mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti sayuran hijau, pisang, dan yogurt, serta hindari makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan. Bahan nabati seperti madu dan kunyit dapat membantu meredakan sakit perut karena sifat anti inflamasinya, ” dia berkata. 

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya mengurangi stres melalui teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi. Dengan pendekatan ini, Anda tidak hanya dapat menjaga kesehatan perut tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Berbicara tentang kesehatan usus, Freshmag Jakarta Fair 2024 menawarkan solusi inovatif untuk menjaga kesehatan usus di tengah tren makanan viral yang disukai generasi milenial dan Gen Z. 

“Kami bangga bisa kembali hadir bersama Freshmag di Jakarta Fair, menawarkan solusi terdepan untuk menjaga kesehatan perut generasi milenial dan Generasi Z yang gemar mengeksplorasi nikmatnya masakan yang sedang viral. Freshmag tidak hanya mendukung gaya hidup aktif mereka tetapi juga menyediakan perlindungan yang tepat terhadap tantangan baru dalam dunia kuliner populer saat ini,” kata Presiden PT Harbatos Indonesia Ahmad Zaini.

Freshmag mengundang pengunjung Jakarta Fair pada 13 Juli 2024 untuk mengunjungi booth mereka, dimana Dr. Putri Shakti Dwi Permanasari akan memimpin talkshow interaktif Kesehatan Perut, pukul 16.00-17.00 WIB. Talkshow ini menawarkan tips praktis untuk menjaga kesehatan pencernaan sehari-hari dan menghadapi tantangan makanan yang sedang viral dengan cerdas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *