Acara Ini Ajak Pelajar Maluku-Papua untuk Promosikan Budaya Indonesia Lewat Konten

VIVA Lifestyle – Seminar digital Makin Jakap memasuki edisi ke-16 dengan mengundang sektor pendidikan Maluku-Papua yang mahir mempromosikan budaya Indonesia melalui konten digital. Hal ini sesuai dengan beredarnya jutaan pesan yang terjadi di Internet setiap detiknya. Tentu saja hal ini menjadi keuntungan sekaligus masalah bagi 204,7 juta pengguna internet di Indonesia, atau setara dengan 73,7% populasi negara menurut data tahun 2022 dari We Are Social Hootsuite.

Tema workshop online ini adalah untuk mempromosikan budaya Indonesia melalui konten digital dan mengajak masyarakat untuk mengembangkan kebanggaan Indonesia melalui dunia digital. Workshop tersebut juga membahas tiga pilar literasi digital: keterampilan digital, etika digital, dan budaya digital untuk meningkatkan keterampilan guru dan siswa di dunia digital. Scroll terus ya?

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyambut kedatangan DigiFriends (sebutan bagi peserta webinar literasi digital) dalam webinar tersebut dan menyampaikan tujuan diselenggarakannya workshop Makin Cakap Digital 2024 Episode 16.

“Pengguna internet di Indonesia meningkat secara signifikan setiap tahunnya : “Acara Digital Capap 2024 diharapkan dapat meningkatkan indeks dan menjadikan tahun depan lebih baik lagi sehingga indeks masyarakat Indonesia secara keseluruhan akan meningkat di mata dunia. “

Webinar online ini 100% gratis dan merupakan wujud dedikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada masyarakat Indonesia. DigiFriends Cukup mendaftar melalui link yang telah disediakan. Setelah mendaftar, mereka akan menerima link Zoom dan kata sandi melalui email pendaftaran mereka.

Memasuki tahun keempatnya, Workshop Digital Peningkatan Kapasitas 2024 diharapkan dapat mendukung transformasi digital Indonesia dengan memberikan pelatihan empat pilar kompetensi literasi digital. Menyambut DigiFriends, CEO Aptika Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, “Workshop online ini mendapat respon yang baik dari masyarakat: “Dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia, terbukti literasi digital masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahun. “

Webinar Digital Semakin Berdaya 2024 dilaksanakan pada Rabu, 15 Mei 2024 dengan mengusung tema “Mempromosikan Kebudayaan Indonesia Melalui Konten Digital” dan menghadirkan tiga pembicara yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Sophie Tobelly, pendiri dan pendiri Digital Influencers ID yang membawakan kolom budaya digital, Alex Iskander yang membawakan kolom etika digital, dan fotografer profesional Iksan Kolli yang membawakan kolom keterampilan digital. Workshop ini dimoderatori oleh Alif Hadi dan berlangsung pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Sophie Tobelli menjelaskan dalam keterangan tertulisnya, Rabu 165 Mei 2024, “Indonesia ibarat perpustakaan besar karena memiliki budaya yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke, sebenarnya pemerintah sudah menyadari hal tersebut dan sudah agar wisatawan dunia memahaminya. Indonesia menjadi lebih baik dan meluncurkan kampanye “Indonesia Cantik”, dengan harapan dapat membawa perbaikan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. “

Sophie kemudian menjelaskan mengapa DigiFriends harus belajar membuat konten dan mempromosikan budaya Indonesia. Sebagai penghuni +62, DigiFriends patut berbangga dengan empat faktor yang menjadi daya tarik pariwisata Indonesia, yaitu budaya, bahasa, alam yang indah, dan masakan yang beragam. .

“Generasi muda tidak perlu lagi angkat senjata untuk memperjuangkan Indonesia di era digital, melainkan angkat ponsel pintarnya untuk menciptakan konten-konten positif sebanyak-banyaknya dan mempromosikan budaya Indonesia di dunia digital,” imbuhnya.

Workshop daring ini diadakan secara online melalui Zoom dan banyak siswa serta guru sekolah dari Kabupaten Mimika, Papua Tengah yang menonton bersama di auditorium sekolah. Beberapa sekolah yang ikut serta antara lain SMA 6 Mimika, SMA Al Fallah Mimika, dan SMA Taruna Mimika.

Webinar diakhiri dengan pengumuman pemenang trik berupa uang elektronik untuk DigiFriends yang paling beruntung. Workshop akan dilanjutkan di hari lain dengan topik berbeda yang berguna dalam kehidupan sehari-hari DigiFriends dan akan dibawakan oleh para penggiat literasi berpengalaman.

Lokakarya online ini diselenggarakan untuk menyikapi meningkatnya penggunaan media sosial di masyarakat Indonesia untuk mencari dan menyebarkan informasi secara publik. Banyak hal positif yang bisa dipetik di era digital, antara lain mengembangkan minat dan bakat generasi muda sehingga dapat membangun portofolio investasi yang menunjang masa depan bahkan menghasilkan imbal hasil yang baik. Meningkatnya jumlah transaksi digital yang dilakukan masyarakat menjadikan pentingnya peningkatan literasi digital. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *