Puluhan Miliar Password Tersebar di Internet

VIVA Tekno – Jika Anda menggunakan perangkat atau membuat akun online, informasi Anda mungkin disusupi. Puluhan miliar kata sandi bocor secara online! Ini adalah kebocoran terbesar yang pernah ada dan disebut “rockyou2024.txt”.

File ini ditemukan di situs peretas dan berisi sekitar 9,9 miliar kata sandi! Oleh karena itu, pakar keamanan menyarankan untuk segera mengubah kata sandi Anda untuk melindungi diri Anda sendiri.

Penolakan besar ini tidak hanya berlaku pada kata sandi baru. Para ahli mengatakan sebagian besar dari kata sandi tersebut adalah kombinasi kata sandi lama dari peretasan yang terjadi lebih dari 20 tahun yang lalu, bersama dengan beberapa kata sandi baru, menurut GizChina. 

Melepaskan kata sandi sangat mengkhawatirkan karena memudahkan peretas untuk mencoba membobol akun Anda. Mereka dapat menggunakan metode yang disebut “serangan brutal” di mana mereka mencoba setiap kombinasi huruf dan angka hingga menemukan kecocokan.

Menyangkalnya seperti memberikan kunci kepada peretas untuk mencoba mencuri kata sandi Anda. Karena kebocoran ini sangat besar, peretas dapat dengan mudah menebak kata sandi Anda dengan mencoba jutaan kombinasi pada saat yang bersamaan. Untuk melindungi diri mereka sendiri, hampir semua pengguna Internet harus segera mengubah kata sandinya.

Mengubah kata sandi Anda sangat penting, namun ada cara lain untuk meningkatkan keamanan akun Anda dengan menggunakan otentikasi dua faktor, atau 2FA.

Bayangkan 2FA sebagai pintu ganda ke akun online Anda. Bahkan jika pencuri berhasil menebak kata sandi Anda (gerbang pertama), mereka tetap tidak dapat masuk karena 2FA mengirimkan kode khusus ke ponsel atau kunci keamanan Anda (seperti YubiKey) untuk memverifikasi bahwa Anda benar-benar mencoba masuk ( gerbang kedua). Kode ini berubah setiap kali Anda login, jadi sangat aman.

Banyak situs web dan aplikasi menawarkan 2FA. Temukan opsi ini di pengaturan akun Anda dan segera aktifkan. Langkah sederhana ini dapat meningkatkan keamanan akun Anda secara signifikan.

Jika memungkinkan, pilih kunci perangkat seperti YubiKey daripada kode yang dikirimkan ke email Anda. Peretas terkadang dapat membobol akun email, namun kunci fisik jauh lebih sulit untuk dicuri.

Mengubah kata sandi Anda dan mengaktifkan 2FA adalah langkah awal yang baik, namun ada alat lain yang dapat membantu mengelola semua ini, yaitu pengelola kata sandi. Bayangkan memiliki brankas yang sangat aman untuk semua kata sandi tempat Anda dapat menyimpannya, memperbaruinya, dan bahkan membuat kata sandi yang kuat. Itulah tepatnya yang dilakukan pengelola kata sandi.

Ada banyak opsi gratis dan andal seperti KeePass XC. Dengan pengelola kata sandi, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama untuk mengakses semua kata sandi Anda yang lain. Mereka juga dapat membantu Anda membuat kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap situs, sehingga membuatnya lebih sulit untuk diretas.

Jadi pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi! Ini adalah cara yang nyaman dan aman untuk melindungi akun online Anda. Mengubah kata sandi Anda sekarang dan mengaktifkan 2FA adalah langkah penting untuk melindungi diri Anda dari rahasia besar ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *