Menguak Khasiat Jus Nanas untuk Menurunkan Berat Badan, Simak Resepnya!

VIVA Lifestyle – Ada banyak cara makan untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang banyak serat, seperti buah-buahan.

Jus nanas bisa diminum sebagai bagian dari diet harian Anda. Mengapa? Lanjutkan membaca selengkapnya, yuk!

Menurut laporan NDTV, nanas mengandung zat yang disebut bromelain, yang terbukti meningkatkan metabolisme. Jika metabolisme lebih tinggi, berarti tubuh akan lebih cepat membakar kalori dan akhirnya menurunkan berat badan. 

Selain itu, kandungan bromelain juga membantu pencernaan sehingga tubuh Anda dapat menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih efisien. Berikut daftar manfaat jus nanas untuk menurunkan berat badan 

1. Kandungan rendah kalori

Jus nanas umumnya lebih rendah kalori dibandingkan minuman manis atau susu lainnya. Misalnya segelas jus nanas murni memiliki sekitar 120-140 kalori, tergantung ukuran dan kekuatannya. 

2. Mengandung serat

Meski jus nanas memiliki lebih sedikit serat dibandingkan nanas utuh, namun tetap memiliki manfaat. Serat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda mendapat lebih sedikit kalori dari makanan lain. Selain itu, serat juga mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengatur kadar gula darah.

3. Mengandung enzim bromelain

Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat memecah protein. Meski manfaat utamanya berkaitan dengan pencernaan, bromelain juga diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan dan proses metabolisme yang sehat. 

4. Pola makan

Jus nanas mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, potasium, dan magnesium. Vitamin C, misalnya, penting untuk sistem kekebalan tubuh dan juga membantu pembakaran lemak. Meski kandungannya lebih rendah dibandingkan nanas utuh, namun tetap bermanfaat untuk asupan air harian Anda

Berikut resep jus nanas yang patut Anda coba!

Bahan: – 1 buah nanas segar, cincang halus (sekitar 3 hingga 3 cangkir nanas potong-potong) – 1 buah mentimun, kupas dan potong-potong – 1-2 cm jahe segar, kupas dan potong kecil-kecil – Air secukupnya (1-2 cangkir ) tergantung pada konsistensi yang diinginkan)

Melangkah:

1. Pertama siapkan bahan-bahannya. Selanjutnya potong nanas, timun dan jahe sesuai petunjuk di atas. 2. Sekarang masukkan potongan nanas, timun dan jahe ke dalam blender. 3. Tambahkan air secukupnya untuk membantu proses pencampuran. Jumlah air dapat disesuaikan dengan kekentalan air yang diinginkan. 4. Campur semua bahan hingga halus dan konsistensinya cair. 5. Jika ingin airnya lebih enak, bisa disaring menggunakan saringan halus. 6. Tuang jus nanas ke dalam gelas dan sajikan dingin. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan gula batu.

Inilah manfaat jus nanas untuk menurunkan berat badan dan memasak. Jus nanas mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk enzim bromelain untuk membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, namun perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang tepat memerlukan pola makan dan olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *