Alibaba Cloud Latih 2 Ribu Talenta Digital Lewat Kartu Prakerja

VIVA Tekno – Alibaba Cloud, anak perusahaan Alibaba Group, menegaskan komitmennya untuk mempercepat adopsi kecerdasan buatan atau AI generatif di Indonesia melalui serangkaian inisiatif baru.

Inisiatif ini mencakup perluasan kemitraan AI lokal, lebih banyak alat untuk pengembangan AI, dan peluncuran program pelatihan AI untuk talenta digital.

“Kami berkomitmen untuk mempercepat inovasi dan adopsi AI di Indonesia,” kata Sean Yuan, General Manager Alibaba Cloud Intelligence Indonesia.

Oleh karena itu, ada tiga pendorong utama penerapan AI generatif, yaitu kemampuan pemodelan dasar yang canggih, pengembangan perangkat lunak tingkat lanjut untuk penggunaan model bahasa besar, dan solusi infrastruktur yang hemat biaya.

“Kami akan fokus pada penyediaan sumber daya AI yang lebih komprehensif melalui ekosistem lokal kami yang berkembang, alat dan solusi baru yang memfasilitasi pembuatan aplikasi, serta daya komputasi AI yang lebih terjangkau dan hemat biaya,” kata Yuan.

Menyadari pentingnya talenta digital yang terampil dalam penerapan kecerdasan buatan, Alibaba Cloud bermitra dengan Karta Praker di bawah Kementerian Koordinator Perekonomian untuk meluncurkan program pelatihan talenta digital yang komprehensif.

Bertujuan untuk melatih sekitar 2.000 talenta digital pada tahap pertama program dalam materi terkait komputasi awan dan data besar, kolaborasi ini bertujuan untuk membekali dan melatih tenaga kerja Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan penting dalam ekonomi era digital.

Selain itu, Alibaba Cloud juga memperkenalkan tiga mitra baru untuk ekosistemnya yang sedang berkembang:

·       Lenna.ai: Pengalaman pelanggan yang revolusioner untuk merek yang menggunakan solusi canggih berbasis AI.

·       Xquisite.ai: Memberikan solusi pengalaman pelanggan yang didukung AI untuk meningkatkan keterlibatan dan mendorong pertumbuhan bisnis.

·       Mapid: Menghubungkan data spasial yang berbeda dari sumber tepercaya untuk memberikan wawasan optimal untuk analisis lokasi, membantu bisnis dengan visualisasi yang ditingkatkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Perusahaan-perusahaan ini bergabung dengan mitra lama mulai dari Zoloz, AI Rudder, 6Estates, Sobot, Techsun hingga Sensors Data yang telah memanfaatkan platform AI Alibaba Cloud yang kuat untuk memberikan solusi inovatif di seluruh industri termasuk ritel, keuangan, game, dan logistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *