Nasib 69 Siswa yang Gunakan Piagam Diduga Palsu di PPDB Jateng

Jawa Tengah – 69 siswa di Jawa Tengah diduga menggunakan piagam palsu untuk siswa tahun pertama (PPDB) Biro Pendidikan mengungkapkan, 62 dari 69 peserta diancam untuk tidak mendaftar ulang di sekolah yang dituju, karena nilai mereka buruk. Tidak memadai setelah penghapusan piagam derajat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Uswatun Hasna mengatakan 69 siswa tersebut menggunakan piagam yang kemudian dipertanyakan keasliannya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 65 orang memanfaatkannya untuk bersekolah di SMP Negeri dan 4 orang di SMK Negeri.

Para siswa tersebut diketahui telah mendaftar untuk mendapatkan sertifikat dari Kejuaraan Marching Band Internasional Malaysia 2022 secara virtual. Para siswa yang awalnya mendapat tiga poin tambahan ditolak masuk karena keraguan akan keasliannya.

Siswa kemudian kehilangan nilai nilainya, sehingga hanya mengandalkan nilai rapornya saja. Namun ada tujuh calon mahasiswa yang lulus karena nilai rapornya mencukupi.

Tujuh (calon siswa) lolos karena setelah menolak nilai piagam, nilai rapor sudah mencukupi, kata Oswaton dikutip Antara, Senin, 15 Juli 2024.

Seperti yang telah disampaikan panitia sebelumnya, mereka mengatakan bahwa membahas masalah yang sama setiap tahun adalah hal yang sia-sia.

Wakil Ketua Komite

Fikri Fakih dalam siaran persnya, Kamis, 11 Juli 2024 mengatakan: “Kita terus menerus terjerumus ke lubang yang sama, dan pembahasan (soal PPDB) tidak pernah berubah.” 

Alih-alih pemerintah menciptakan pemerataan pendidikan, persoalan PPDB justru menimbulkan segudang permasalahan setiap tahunnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan masyarakat berebut sekolah pilihannya. Pertama, kualitas sumber daya manusia (guru dan tenaga pengajar); Kedua, sarana dan prasarana sekolah.

Baca artikel menarik lainnya dari VIVA Education di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *