Selain Kecubung, 8 Jenis Tumbuhan Punya Efek Memabukkan dan Berbahaya

GAYA HIDUP HIDUP – Tanaman kecubung atau Datura metel merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk dan warna bunga yang indah. Dibalik keindahan bunganya, kecubung dianggap beracun dan berbahaya.

Biji kecubung mengandung senyawa alkaloid tropin, skopolamin dan hyoscyamine yang mempunyai efek memabukkan, halusinasi, kelumpuhan bahkan kematian. Selain kecubung, masih banyak tanaman lain yang punya efek serupa, lho. 

Mengutip Good Housekeeping, berikut delapan tanaman beracun.

1. Orang Belanda

Oleander memiliki bunga yang indah, sehingga orang tidak akan pernah menyangka bahwa tanaman cantik ini memiliki sisi gelap yang berbahaya. Tanaman dengan nama latin Nerium Oleander ini mengandung senyawa glikosidik. Dalam satu kasus, satu daun saja sudah cukup untuk melukai seorang anak. Gejala keracunan antara lain mengantuk, detak jantung lambat, dan gemetar.

2. Bakung

Bunga bakung atau daffodil mengandung racun pada umbinya, seperti senyawa lycorine yang dapat memicu muntah, ngiler, kejang, dan detak jantung tidak teratur pada manusia dan hewan. 

3. Hydrangea 

Bunga terkenal ini rupanya mengandung senyawa berbahaya lho. Hydrangea mengandung sianida pada bunga, daun, dan batangnya yang berpotensi menyebabkan keracunan. Meski kemungkinan tertelannya sangat kecil, namun Anda tetap perlu berhati-hati. Pasalnya, paparan sianida dalam jumlah kecil bisa berakibat fatal.

4. Rumput jimson 

Tanaman herba ini satu famili dengan kecubung. Tak heran, Datura stramonium juga mengandung alkaloid tropane yang memabukkan. Konsumsinya dapat menyebabkan halusinasi visual dan pendengaran, serta kelumpuhan otot.

5. Hari Liar 

Bunga matahari liar atau Helenium fallale memiliki warna dan bentuk yang indah. Namun bijinya mengandung alkaloid pirolizidin yang beracun dan dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.

6. Tanaman Jarak

Mengutip schn.health.nsw.gov.au, tanaman jarak pagar (Ricinus communis) merupakan tanaman beracun. Tanaman jarak pagar mempunyai biji yang berwarna merah dan runcing. Baik daun maupun bijinya berbahaya dan dapat menghambat pernapasan.

7. Kamboja Merah

Meski cantik warnanya, bunga kamboja identik dengan bunga kubur. Mengutip RRI, tanaman kamboja merah dapat menimbulkan gejala toksik seperti mual, muntah, kolik bahkan diare. Zat berbahaya terdapat pada seluruh bagiannya, seperti getah, bunga, ranting, biji, dan buah.

8.Modokaki 

Tanaman kesemek (Tabernaemontana divaricata) memiliki bunga berbentuk kincir angin berwarna putih yang mekar sepanjang tahun. Tanaman ini mengeluarkan aroma seperti anyelir. Batang dan daunnya mengeluarkan getah berwarna putih susu yang mengandung beberapa alkaloid beracun.

9. Semut

Tanaman Betlehem (Hippobroma longiflora) mempunyai bentuk yang mirip dengan melati. Bedanya, tawon tidak berbau dan sangat berbahaya bagi manusia. Karena getahnya yang berwarna putih susu (eksudasi) menyebabkan iritasi kulit bahkan kebutaan. Hindari menyentuh tanaman ini dengan tangan kosong.

10. Mahkota duri

Menurut Gambar Ini, Mahkota Duri (Euphorbia milii) atau duri Kristus merupakan tanaman beracun karena mengandung cairan seperti susu (eksudat) yang jika terisi darah dapat merangsang pertumbuhan sel-sel abnormal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *