Manfaat Kolagen Membuat Kulit Sehat dan Awet Muda, Bisa Diperoleh dari Bahan Alami Ini

VIVA Lifestyle  –  Kolagen merupakan jenis protein penting yang berkontribusi memperkuat struktur kulit, tulang, sendi, dan jaringan ikat lainnya. Selain itu, manfaat kolagen membuat orang tampak lebih muda. 

Secara alami, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Kondisi ini menyebabkan keriput, kulit kendur, nyeri sendi dan masalah lainnya. 

Mengutip EatingWell, tubuh Anda mulai kehilangan kolagen di usia pertengahan 20-an dan setelah usia 40-an. Pengurangan produksi kolagen sekitar 1 persen per tahun. Untuk menjaga penampilan awet muda, Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan kaya kolagen. 

Sumber alami kandungan kolagen

1. Sop tulang sapi

Daging dan tulang sapi merupakan sumber kolagen yang mudah didapat di pasaran. Apalagi bagi Anda yang ingin mencari kolagen tipe 1 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Rebus tulang sapi hingga menjadi kuah yang kaya akan kolagen.

2. Kulit ayam

Menurut GoodRX Health, kulit ayam merupakan salah satu sumber kolagen alternatif. Peptida kolagen dari kulit ayam dipercaya memiliki sifat anti kanker. 

3. Sarden

Kandungan kolagen pada ikan bukan terdapat pada dagingnya, melainkan pada tulang, kulit, dan sisiknya. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah ikan yang seluruh bagiannya bisa dimakan, seperti ikan sarden. Sarden mengandung kolagen tipe I, yaitu jenis kolagen paling umum yang efektif menjaga kesehatan kulit.

4. buah beri

Blueberry, raspberry, stroberi atau blackberry merupakan jenis buah dengan kandungan vitamin C tinggi yang berkontribusi membantu tubuh membuat kolagen sendiri. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

5. Brokoli

Selain mengonsumsi buah beri, Anda bisa memilih brokoli untuk mendapatkan cukup vitamin C guna merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Sayuran hijau lainnya seperti kangkung dan bayam juga kaya akan vitamin C, serat, dan senyawa antioksidan yang efektif melindungi kulit dari kerusakan.

6. Ketuk

Salmon merupakan sumber kolagen yang membantu penyembuhan luka. Bagian salomon yang mengandung kolagen paling banyak terdapat pada bagian kulit dan sisiknya.  Oleh karena itu, disarankan untuk memanggang ikan atau memanggangnya dengan kulitnya. Sementara itu, tulang ikan salmon bisa digunakan untuk membuat kaldu.

7. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Lycopene juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

8. Kacang

Kacang almond, kacang tanah, dan kedelai yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan kaya akan protein dan tembaga yang berguna untuk merangsang produksi kolagen. Kacang juga mengandung vitamin E dan antioksidan lainnya sehingga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

9. Putih telur

Putih telur mengandung prolin dan glisin serta asam amino yang penting untuk pembentukan kolagen. Telur juga kaya akan vitamin C dan E yang merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan.

10. lidah buaya

Journal of Dermatology menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lidah buaya dalam porsi kecil dapat meningkatkan kandungan kolagen pada lapisan dermis kulit. Lebih lanjut dijelaskan bahwa asupan harian lidah buaya sebanyak 40 mikrogram akan memperkuat pelindung kulit, meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Mengonsumsi makanan kaya kolagen bisa membuat kulit tampak lebih muda. Namun, penting untuk menerapkan pola hidup sehat agar manfaatnya bagi kesehatan kulit, sendi, dan tulang dapat optimal. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *