Sebelum Dimasak, Begini Cara Hilangkan Bau Amis Pada Daging Kurban

JAKARTA – Daging kurban seperti daging sapi dan kambing memiliki bau yang khas dan sangat menyengat. Apalagi setelah mangsanya baru disembelih, otot dagingnya lebih kencang dan teksturnya lebih keras dan kencang. Sebaliknya, hanya sedikit orang yang bisa menoleransi daging yang dimasak dengan saus dan bumbu, atau dimasak langsung dengan sate. 

Perlu diperhatikan bahwa pengolahan daging tidak boleh sembarangan, terutama untuk menghilangkan bau amisnya. Meski daging korbannya lebih banyak ikan, namun tidak disarankan untuk dicuci.

“Misalnya ada kotoran, bersihkan dengan serbet dapur, karena mencuci daging kurban tidak akan menghilangkan bakteri yang ada pada daging tersebut, malah jika air yang digunakan terkontaminasi maka akan menjadi lingkungan tumbuhnya bakteri. . . Dagingnya cepat busuk,” kata Viva baru-baru ini.

Berikut beberapa langkah mudah menghilangkan bau amis pada daging mangsanya agar Anda bisa cepat mengolahnya dan menikmatinya bersama keluarga. 

Hilangkan lemak

Hapus kelebihan lemak dari daging sebelum dimasak. Umumnya daging yang dimasak dengan lemak memiliki rasa yang lebih pekat dibandingkan daging yang dimasak tanpa lemak. 

Gunakan nanas, setelah lemak lengketnya hilang, lumuri daging dengan nanas. Selain menghilangkan bau amis, nanas juga melembutkan tekstur daging. Caranya, campurkan daging dengan susu nanas dan diamkan dalam wadah tertutup selama 15-30 menit.

Air perasan lemon juga bisa dicampur dengan jeruk nipis atau air jeruk nipis yang bersifat asam untuk mengurangi rasa amis pada daging. Tidak hanya menghilangkan bau amis, mencampurkan daging korban dengan perasan lemon atau jeruk nipis akan melembutkan teksturnya. Caranya dengan merendam daging dalam air jeruk lemon atau jeruk nipis selama 1 jam sebelum dimasak. 

Tambahkan bumbu yang kuat

Untuk menghilangkan bau pada daging, ada baiknya daging korban dimasak dengan bumbu dan rempah yang kuat.

Keringkan dengan kertas dapur

Daripada mencuci daging dengan air yang bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman, sebaiknya bersihkan daging dengan handuk dapur. Sebelum dimasak, keringkan daging dengan handuk dapur untuk mengurangi bau amis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *