Apakah Susu UHT Perlu Disimpan di Kulkas? Begini Tipsnya Agar Tak Mudah Basi

JAKARTA – Baru-baru ini, video seorang wanita paruh baya berjalan-jalan di pasar kecil untuk membeli susu UHT menjadi viral. Wanita tersebut diketahui marah karena membeli satu liter susu UHT yang tidak disimpan di lemari es.

Dalam video yang beredar di TV, seorang remaja putri berbaju abu-abu marah kepada kasir minimarket. Gulir untuk mengetahui lebih lanjut dan datanglah!

Ia bersikeras ingin mendinginkan satu bungkus susu UHT satu liter di lemari es. “Kalau tidak dingin, kembalikan uangku. Harusnya susunya dingin. Aku pesan susunya, dan mereka menyimpannya dalam keadaan dingin,” ujarnya, seperti dikutip dari akun X, @_NeverAlonely, pada Kamis, 11 Juli 2024.

Video viral tersebut langsung mendapat banyak reaksi dari warganet. Ada juga beberapa akun yang menawarkan tutorial menyimpan susu UHT.

“UHT UHT ukuran 1 liter tidak perlu didinginkan, karena susu UHT tidak perlu didinginkan selama wadahnya tidak dibuka. Kalau mau tetap dingin, belilah UHT satuan yang kecil. kulkas biar tetap segar,” kata seorang warganet.

“Susu UHT harus dibedakan dengan susu yang tidak dipasteurisasi. Untuk susu UHT tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari es, karena bakteri patogennya akan musnah jika dipanaskan dengan suhu tinggi. Untuk susu yang tidak dipasteurisasi, karena udara pemanasnya lebih sedikit. panas, bakteri patogen masih ada, dan susu yang tidak dipasteurisasi disimpan di lemari es dan sebaiknya dikonsumsi dengan cepat

“Yah, UHT jangan disimpan di kulkas kalau belum dibuka,” kata salah satu warganet. “Ada apa bu, masalahnya susunya tidak dingin, apa ibu marah? menurutku ibu harus memasukkannya ke dalam freezer untuk mendinginkan kepala ibu” Ada yang bilang susunya disimpan di lemari es?

Laporan dari Dairy Farmers of Canada menyebutkan bahwa susu UHT atau “Ultra High Temperature” adalah susu yang telah diproses pada suhu tinggi untuk membunuh bakteri di dalamnya. Susu UHT dikemas dalam karton atau botol dan memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan susu biasa.

Selama labelnya tertutup rapat, susu UHT sebaiknya tidak disimpan di lemari es. Susu dapat disimpan pada suhu ruangan hingga tanggal kadaluwarsanya. Setelah dibuka, susu UHT harus didinginkan dan dikonsumsi dalam waktu tiga hari.

Petunjuk penyimpanan susu UHT

Berikut beberapa tips menyimpan susu UHT dalam wadah satu liter:

Berikut beberapa tips menyimpan susu UHT dengan benar:

1. Simpan pada suhu kamar sebelum dibuka

Susu UHT dapat disimpan pada suhu ruangan selama labelnya masih tertutup rapat dan tidak dibuka. Pastikan tempat penyimpanan tidak terkena sinar matahari langsung. 

2. Dinginkan setelah dibuka

Setelah kemasan dibuka, segera simpan sisa susu UHT di lemari es untuk mencegah perubahan rasa dan kualitas. Pembekuan membantu memperlambat pertumbuhan bakteri.

3. Gunakan dalam waktu 3 hari setelah pembukaan

Minumlah susu UHT dalam waktu 3 hari setelah dibuka untuk menjamin kesegaran dan keamanan.

4.  Jangan mengembalikannya ke kemasan aslinya

Setelah susu UHT dibuka, sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara atau toples yang dapat ditutup kembali agar tetap bersih. 

5. Catat tanggal kadaluwarsanya

Pastikan Anda menggunakan susu UHT sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan untuk hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *