Fakultas Kedokteran dan Kemenaker Teken MoU Keselamatan dan Kesehatan Kerja

VIVA – President University (PU) meningkatkan kerja sama dengan pemerintah untuk menjaga kualitas pendidikan. Termasuk Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. 

Oleh karena itu, PU telah menandatangani kerjasama strategis dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) dengan Pusat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia melalui Fakultas Kedokteran (FK). .

“Pertemuan bermanfaat ini diadakan di Aula K3 Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan kedua institusi, antara lain tujuh dosen Fakultas Kedokteran, Direktur Hukum, serta Direktur dan Manajer Presidential Development Center (PDC). Universitas,” kata Prof Dr Budi Setiawan, Dekan Fakultas Kedokteran Jakarta, Senin (15/7/2024).

Menurutnya, penandatanganan ini menandai dimulainya kerja sama yang erat antara Universitas Kepresidenan Republik Indonesia dengan Pusat Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia di bidang keselamatan dan kesehatan kerja untuk membuka peluang kerja sama baru. peluang untuk mendapatkan pendidikan. Dan penelitian. 

Kerjasama FKPU dengan Kementerian Ketenagakerjaan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelaksanaan program lainnya juga memperkuat komitmen Presidential University terhadap kemajuan bidang kesehatan dan keselamatan kerja. 

“Selanjutnya, seluruh lulusan FKPU akan mendapatkan sertifikat HIPERKES dari Kementerian Ketenagakerjaan. Dalam kerja sama ini, pelatihan yang ditujukan untuk kualifikasi profesi HIPERKES (Kebersihan Perusahaan dan Kesehatan Kerja) akan ditawarkan kepada tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan lainnya,” kata Profesor Budi.

Menurutnya, program kesepahaman ini berjalan lancar, mencapai hasil yang diharapkan dan merupakan langkah penting bagi Fakultas Kedokteran Presidency University untuk memperkuat keunggulannya dalam keselamatan dan kesehatan kerja.

“Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan standar praktik kesehatan dan keselamatan kerja di Indonesia,” pungkas sang profesor. sobat

Keunggulan FKPU

1. Kerja sama strategis di bidang kedokteran antara Fakultas Kedokteran President University (FKPU) dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung. 

2. Fakultas Kedokteran Universitas Kepresidenan (FKPU) merupakan bagian dari Sistem Kesehatan Akademik (AHS) yang menghubungkan sistem akademik dan pelayanan kesehatan (RS Pemerintah, RS Swasta, Puskesmas) di wilayah Jababeka Medical City. 

3. Fakultas Kedokteran President University (FKPU) berbasis kesehatan kerja memiliki akses jaringan industri melalui kerja sama strategis dengan 2.000 perusahaan multinasional dari 34 negara di Kawasan Industri Jababeka. 

4. Fakultas Kedokteran President University (FKPU) telah menerapkan kurikulum transformatif, yaitu kurikulum yang terus berkembang dengan memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran yang berbasis pada literasi sains dan teknologi, sehingga proses pembelajaran di FKPU selalu selaras dengan perkembangan di bidang kedokteran. dan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan.

5. Fakultas Kedokteran President University (FKPU) menerapkan model pembelajaran paparan dini, yaitu sejak awal semester mahasiswa mengunjungi rumah sakit negeri, rumah sakit swasta, dan puskesmas serta memberikan materi dan tur. Bagian rawat inap, bagian rawat jalan dan fasilitas gawat darurat, logistik, gudang farmasi dan fasilitas rumah sakit lainnya dikelola oleh staf.

6. Perkuliahan di Fakultas Kedokteran President University (FKPU) menggunakan bahasa Inggris

7. Lulusan Dokter FKPU mendapatkan Sertifikat Dokter Hipercase (Higiene Perusahaan, Ergonomi dan Kesehatan), yaitu surat keterangan resmi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI yang merupakan salah satu syarat minimal untuk bekerja kedokteran di perusahaan. Surat keterangan ini menunjukkan bahwa dokter tersebut telah mengikuti pelatihan Hypercase yang merupakan bagian dari K3 (Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *