Air Ditemukan di Atmosfer Dewa Perang

VIVA Tekno – Para astronom dapat mendeteksi keberadaan air di atmosfer planet yang sangat panas dan juga salah satu logam terkaya yang pernah ditemukan.

Penemuan ini mungkin bisa membantu memecahkan misteri pembentukan planet. Planet ekstrasurya ini dikenal dengan nama HD 149026 b atau “Smertrios”, yang berarti “Penyedia” dalam tradisi Gaelik, yang dianggap sebagai dewa perang. Death Trios mengorbit bintang subraksasa kuning HD 149026, 247 tahun cahaya dari Bumi.

Smertrios berjarak 4 juta kilometer dari bintangnya, dan telah menyelesaikan orbitnya dalam waktu kurang dari tiga hari Bumi.

Berukuran sekitar tiga perempat Jupiter, planet ini diklasifikasikan sebagai “Saturnus panas”, sejenis planet gas raksasa yang mengorbit sangat dekat dengan bintangnya.

Kedekatan Deathrios dengan bintangnya berarti ia terkunci pasang surut, sisi siang hari selalu menghadap bintang, dan suhunya mencapai 1.420 derajat Celsius.

Bagian paling keren dari malamnya adalah selalu melihat ke luar angkasa. Namun, yang membuat Smertrios benar-benar unik adalah kepadatan dan komposisinya, yang pertama kali ditemukan pada tahun 2005 ketika melintas di depan bintangnya.

“Saturnus Panas adalah jenis planet ekstrasurya yang dikenal sebagai ‘raksasa gas panas’. Raksasa gas panas adalah planet ekstrasurya yang ukurannya mirip dengan Jupiter atau Saturnus, namun mengorbit bintang induknya pada jarak yang sangat dekat,” peneliti astronomi Universitas Tokyo, Syed Ali Rafi menjelaskan pada Rabu. Seperti dilansir majalah Live Science, 17 Juli 2024.

“Planet ini sangat menarik karena merupakan salah satu raksasa gas terkaya yang kita ketahui.”

Ketika astronom seperti Ali Rafi mengatakan “logam”, yang mereka maksud adalah unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium. Ketika Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) mengamati Smertrios pada tahun 2023, ditemukan bahwa kandungan logam planet tersebut jauh lebih tinggi daripada sebagian besar Saturnus panas dan bahkan Jupiter yang lebih panas. Rasio ini juga jauh lebih tinggi dibandingkan raksasa tata surya, Jupiter dan Saturnus.

Secara umum, semakin besar raksasa gas tersebut, semakin sedikit logam yang dikandungnya. Namun Smertrios mengatasi kecenderungan tersebut dengan memiliki inti yang sangat besar dan padat, sehingga kepadatannya menjadi sangat tinggi.

“Komposisi planet ini tampaknya tidak sesuai dengan skenario pembentukan raksasa gas panas yang kita miliki sekarang, dan hal ini masih menjadi misteri,” kata Ali Rafi. 

“Hal ini menunjukkan pentingnya mengamati atmosfer planet, karena dapat membantu menjelaskan sejarah pembentukan planet melalui sifat-sifat atmosfernya.”

Untuk mempelajari atmosfer aneh Smertrios dan mencari tahu mengapa planet ini begitu kaya akan logam, Ali Rafi dan rekan-rekannya menggunakan spektograf CARMENES di Observatorium Calar Alto Spanyol. Instrumen ini dapat mendeteksi “sidik jari” yang belum sempurna dalam cahaya bintang yang disaring oleh atmosfer sebuah planet saat ia melintas di depan bintangnya.

Penelitian CARMENES mengungkapkan bahwa terdapat tanda-tanda uap air yang dapat membantu memperkirakan kelimpahan unsur-unsur lain di atmosfer planet. 

“Menemukan air di atmosfer merupakan langkah awal dalam karakterisasi ini, jadi ini sangat penting,” ujarnya.

Penelitian ini mengungkap kejutan lain. Secara umum, perbedaan suhu yang besar antara siang hari yang panas dan malam yang lebih sejuk menimbulkan angin kencang yang bertiup dari siang ke malam. Namun, angin di Deathrios sepertinya bertiup berlawanan arah, siang dan malam.

“Kami memerlukan observasi tambahan untuk memastikan skenario ini,” tegas Ali Rafi.

Para astronom kini akan terus mempelajari Saturnus panas yang aneh ini untuk memastikan penemuan uap air dan mencari elemen atmosfer lainnya. Penelitian tim sebelumnya telah dipublikasikan dalam versi peer-review di repositori arXiv.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *