Selamat Tinggal Android Lollipop

VIVA Tekno – Google resmi mengumumkan tidak lagi mendukung pengembangan layanan pada ponsel yang menggunakan sistem operasi (OS) Android Lollipop.

Mengingat sistem Android Lollipop atau Android 5.0 telah ada selama satu dekade atau sepuluh tahun, sepertinya ini merupakan langkah yang wajar bagi Google.

Untuk sebuah teknologi yang berkembang begitu cepat, sistem operasi yang berumur 10 tahun sudah dianggap sebagai teknologi yang memasuki usia tua.

“Kami menghentikan pembaruan Layanan Google Play untuk perangkat Android Lollipop karena jumlah perangkat tersebut kurang dari 1 persen dari perangkat Android yang aktif. Perangkat Lollipop akan terus berfungsi tetapi tidak akan menerima fitur baru, pembaruan keamanan penting, dan mungkin agak tidak kompatibel. Apps,” Rabu 17 Juli 2024 dari PhoneArena aktif Pernyataan Google diambil.

Lucunya adalah hari-hari ketika Google menamai sistem operasinya dengan nama makanan ringan. Android Lollipop diperkenalkan di Google I/O pada tahun 2014 dan secara resmi dirilis secara global melalui pembaruan over-the-air lima bulan kemudian.

Dengan terinstalnya Lollipop di perangkat, pengguna bisa menemukan lagu, foto, dan aplikasi dari satu perangkat lalu menikmatinya di berbagai perangkat Android lainnya.

Interaksi menjadi lebih berharga dan, menurut Google, konten merespons sentuhan dengan cara yang lebih intuitif.

Berbeda dengan versi sebelumnya yakni Android KitKat, Lollipop di tablet menampilkan daftar kotak masuk email tepat di sebelah pesan yang sedang dibuka pengguna.

Sedangkan di jam tangan pintar, email baru akan otomatis muncul saat masuk ke kotak masuk pengguna. Dilihat saat ini, fitur-fitur yang dibawakan Android Lollipop mungkin terkesan biasa saja, namun semuanya terkesan futuristik dan revolusioner di tahun 2014.

Dengan berakhirnya dukungan untuk Android Lollipop, pakar teknologi Google memiliki kemampuan untuk lebih fokus pada pengembangan sistem operasi versi baru.

Hal ini memungkinkan Google untuk fokus pada pengembangan perangkat keras pintar.

Halaman dukungan pembaruan Google mencatat bahwa Layanan Google Play saat ini didukung pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 (Android Marshmallow) atau lebih tinggi.

“Kami sangat menganjurkan pengguna untuk meningkatkan ke versi Android yang lebih baru untuk mendapatkan fitur terbaru dan peningkatan keamanan,” demikian pesan Google kepada pengguna Android Lollipop.

Saat ini, Android 14 merupakan versi stabil terbaru dari sistem operasi Android yang tersedia di pasar global, sedangkan program Android 15 beta telah dimulai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *