Vladimir Putin Jadi Sopir Kim Jong Un Pakai Mobil Mewah Anti Peluru

VIVA – Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Korea Utara pada Rabu 19 Juni 2024 dan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kedua pemimpin kekuatan dunia itu tampak bersahabat.

Putin bahkan menghadiahkan kepada Kim Jong Un sebuah mobil mewah bernama Aurus Senat L700, sebuah sedan buatan Rusia, dan ia diketahui menggunakan mobil tersebut sebagai kendaraan dinasnya.

“Vladimir Vladimirovich Putin telah menyediakan mobil buatan Rusia untuk keperluan pribadinya (Raja Jong Un),” tulis keterangan KCNA yang dikutip Kamis, 20 Juni 2024.

Melalui laporan tersebut dijelaskan bahwa mobil mewah ini diberikan sejak Februari lalu. Namun dalam kunjungannya ke Korea Utara, Putin menyempatkan diri untuk menyetir atau mengendarai sedan mewah tersebut.

Dalam beberapa video di media sosial, Kim Jong-un terlihat duduk di kursi penumpang depan sebelah kanan, sedangkan Gwyn berada di belakang kemudi Senedd Auras di sebelah kiri.

Mobil ini cukup canggih dan memiliki fitur yang modern. Meski bodi dan kacanya sudah pasti antipeluru, yang menarik adalah kemampuannya melayang saat terendam seluruhnya.

Daya apung mobil ini juga terinspirasi dari teknologi kapal selam. Ban mobil memiliki lapisan antipeluru dan tahan kerusakan. Fitur keamanan nomor satu ini sengaja dibuat Senat untuk Putin.

Mobil dengan panjang hampir tujuh meter ini memiliki bobot hingga enam ton, berkat penggunaan baja antipeluru sebagai cangkang tubuhnya. Dari segi styling, tampilan wajahnya agak mirip dengan Rolls-Royce Phantom.

Mobil dinas Putin, Senedd L700, ditenagai mesin bensin 12 silinder atau V12 6.600cc yang mampu menghasilkan tenaga 860 hp dan torsi hingga 1.000 Nm.

Namun pada penjualan untuk umum juga tersedia pilihan mesin bensin 8 silinder atau V8 berkapasitas 4.400cc. Tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis 9 percepatan yang dikembangkan oleh perusahaan otomotif Rusia NAMI bekerja sama dengan Porsche.

Putin memiliki 2 Aurus Senat L700, yang lainnya sebagai cadangan. Bisa dibilang ini adalah bunker berjalan orang nomor satu Rusia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *