Porsche Kirim Lebih dari 155 Ribu Unit Mobil Pada Semester Pertama 2024

JAKARTA – Produsen mobil mewah asal Jerman, Porsche, mencatatkan penjualan ritel global sebanyak 155.945 kendaraan pada Januari hingga Juni 2024. Angka tersebut turun 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Jatuhnya penjualan karena Cayenne, Panama, Macan terjadi akibat pembaruan daftar lima model kendaraan di Taycan dan 911. Masa transisi menciptakan kesenjangan di setiap produk dan pasar.

Detlev Von Platen, anggota dewan direksi Porsche AG yang membidangi penjualan dan pemasaran, mengatakan meski mengalami kemunduran, pihaknya mampu memperkenalkan mobil baru.

“Dengan produk terkuat dalam sejarah perusahaan, pelanggan dapat mengandalkan kami. Bahkan di lingkungan pasar yang penuh tantangan, kami dapat menghadirkan mobil sport menarik dengan getaran yang kuat,” ujar VIVA Otomotif dalam keterangan resmi.

Platen mengatakan penjualan Porsche pada paruh pertama tahun 2024 akan stabil meski ada tantangan di berbagai area penjualan.

“Hal ini juga memastikan bahwa kami dapat terus menjalankan strategi pemasaran yang relevan dan bernilai untuk masa depan,” ujarnya.

Kemudian, untuk pasar Eropa kecuali Jerman, Porsche mengirimkan 38.611 mobil ke pelanggan pada paruh pertama tahun ini. Angka ini meningkat sebesar 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, di pasar domestik Jerman, 22 persen atau 20.811 mobil dikirimkan ke pelanggan.

Sementara di pasar China, pabrikan mobil sport ini menjual 29.551 mobil pada Januari-Juni, turun 33 persen. Alasan utama penurunan ini adalah kondisi ekonomi yang buruk di pasar Tiongkok dan fokus pada penjualan independen. 

Kemudian untuk wilayah Amerika Utara, Porsche mengirimkan 39.558 mobil. Angka ini mengalami penurunan sebesar 6 persen.

Di pasar negara berkembang, Porsche menjual 27.414 mobil, sejalan dengan kesuksesan tahun lalu.

Berdasarkan model mobilnya, Porsche Cayenne mencatatkan penjualan sebanyak 54.587 unit pada semester I 2024, meningkat 16 persen. Sedangkan Porsche Macan naik 18 persen dan terjual sebanyak 39.167 unit.

“SUV full listrik generasi baru telah mencatatkan pesanan yang memuaskan. Kendaraan pertama akan dikirimkan ke pelanggan pada paruh kedua tahun ini,” kata Platen.

Selain itu, mobil sport 911 mengalami peningkatan penjualan sebesar 8 persen menjadi 28.212 unit. Panamera terjual 13.255 unit; Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 25 persen, dan pada paruh pertama tahun ini, Taycan Tanah Air terjual sebanyak 8.838 unit, turun sebesar 51 persen. 

Terakhir model Boxster 718 dan 718 Cayman terjual 11.886 unit. Ini merupakan peningkatan sebesar 8 persen dari penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *